sign up SIGN UP search


menyusui

4 Jenis Makanan untuk Mengencangkan Payudara Usai Hamil & Menyusui

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 28 Jul 2020 10:30 WIB
mencuci sayuran caption
Jakarta -

Payudara memang perlu mendapatkan perhatian khusus ya, Bunda. Khususnya bagi Bunda yang baru saja melewati fase kehamilan dan menyelesaikan fase menyusui, alias menyapih anak.

Jangan kaget kalau payudara yang beberapa minggu lalu padat berisi jadi kendur. Payudara yang nampak menyusut bisa kembali ke ukuran semula dengan beberapa bahan yang ada di rumah lho, Bunda.

Melansir Inlifehealthcare, mengonsumsi nutrisi yang tepat merupakan tips terbaik untuk membuat payudara kencang. Bunda mungkin tahu bahwa payudara terdiri dari kelenjar susu dan jaringan lemak. Genetika, hormon, kehamilan, dan nutrisi dapat mengubah ukuran payudara.


"Berbagai vitamin dan makanan penambah payudara dapat melindungi payudara dari kerusakan dan meningkatkan ukuran serta kekencangan payudara," ujar Mukta Agrawal, seorang nutrisionis.

Dalam hal ini, vitamin A dapat larut dalam lemak yang dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan melindungi payudara dari kerusakan akibat radikal bebas. Sehingga dapat menunda pertumbuhan payudara.

Ada pula vitamin C yang menjadi salah satu antioksidan yang larut dalam air. Dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi payudara terhadap radikal bebas berbahaya, yang dapat mengganggu pertumbuhan payudara.

Young mother breastfeeding her baby boy in the bedroom. Belgrade, Serbia4 jenis makanan untuk kencangkan payudara/ Foto: iStock

Serta, vitamin D dimana menjadi vitamin yang larut dalam lemak yang juga membantu pengkodean genetik serta mendorong pertumbuhan payudara, meningkatkan tonus otot, dan membantu penyerapan kalsium, memperbaiki jaringan yang rusak, juga menurunkan risiko kanker payudara.

Tak ketinggalan, vitamin E juga menjadi salah satu antioksidan yang dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan melindungi payudara dari kerusakan sel.

Dari semua deretan vitamin tersebut, tentunya dapat Bunda penuhi dalam berbagai makanan sehari-hari. Berikut ini beberapa sumber makanan yang dapat mengencangkan payudara, seperti dikutip dari laman Activemomsnetwork:

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau memiliki sejumlah manfaat di dalamnya. Ini merupakan manfaat terbaik yang bisa ditambahkan dalam makanan sehari-hari untuk mencegah payudara kendur setelah menyusui. Sayuran hijau seperti brokoli, kangkung, bayam, dan sayuran hijau lainnya dapat menjadi variasi dalam menu keseharian di rumah.

2. Produk soya

Makanan ini dapat membantu mengencangkan payudara kendur. Soya dianggap menjadi makanan terbaik untuk mengatasi permasalahan payudara kendur. Sumber makanan yang mengandung soya dapat ditemui dalam edamame, tahu, tempe, dan berbagai makanan lainnya.

3. Makanan laut

Makanan laut juga memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Sangat baik untuk memperbaiki payudara yang kendur. Makanan laut juga benar-benar efektif meningkatkan pertumbuhan jaringan payudara.

Sesuai penelitian, mangan adalah komponen dalam makanan laut seperti udang, tiram, dan kerang yang membantu mempercepat estrogen dan mengembangkan lebih banyak jaringan payudara, serta mencegahnya kendur usai hamil dan menyusui.

4. Kacang

Kacang mengandung semua nutrisi penting dan vitamin yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Makanan terbaik untuk pertumbuhan payudara yakni sumber kacang-kacangan ya, Bunda. Beberapa kacang-kacangan yang dapat Bunda sertakan yakni kacang mete, kacang kenari, kacang almond, kacang tanah, dan kacang lainnya.

Jadi, jangan lupa sertakan makanan di atas dalam asupan harian di rumah ya, Bunda. Semoga membantu.

Bunda, simak juga yuk tiga gerakan yang dapat membantu mengencangkan payudara dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi