sign up SIGN UP search


menyusui

5 Bumbu Dapur yang Ampuh Memperlancar ASI

Siti Hafadzoh Sabtu, 18 Jul 2020 14:17 WIB
Ilustrasi ibu menyusui caption
Jakarta -

Ada berbagai bahan alami yang bisa dijadikan sebagai ASI booster. Salah satu bahan alami yang dipercaya bisa meningkatkan produksi ASI adalah rempah-rempah.

Rempah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh lho. Termasuk untuk ibu menyusui, Bunda.

Namun, sama halnya seperti obat, beberapa rempah juga punya efek samping. Bahkan, kalau pengolahannya tidak tepat malah bisa berbahaya.


Makanya, kalau Bunda ingin menjadikan rempah sebagai ASI booster, lebih baik konsultasikan dulu ya dengan dokter. Tanyakan kepada dokter apakah Bunda boleh mengonsumsi rempah ini ketika menyusui.

"Anda benar-benar harus memberi tahu penyedia layanan kesehatan Anda jika mencoba herbal dan suplemen baru," kata menurut Rachel Borton, praktisi perawat keluarga berlisensi dan asisten profesor keperawatan di Bradley University di Peoria dikutip dari Today's Parent.

Nah, kalau tidak ada masalah, Bunda bisa jadikan rempah sebagai ASI booster. Dirangkum dari Firstcry Parenting dan Very Well Family, ini 5 rempah yang bisa menjadi ASI booster:

1. Bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu rempah yang digunakan hampir di semua masakan. Nah, banyak orang yang percaya bahwa bawang putih bisa meningkatkan produksi ASI, Bunda. Caranya, cukup dengan menambahkan bawang putih ke masakan.

Namun, perlu berhati-hati ya, bawang putih bisa mengubah rasa ASI. Beberapa bayi tidak toleran terhadap perubahan rasa ASI karena bawang putih.

Teh jahe bawang putihIlustrasi bawang putih/ Foto: iStock

2. Jahe

Rempah yang paling ampuh untuk berbagai penyakit adalah jahe. Mulai dari masalah pencernaan, hingga menjadi ASI booster.

Jahe memiliki zat galactagogue yang dapat merangsang produksi ASI pada ibu menyusui. Cara konsumsinya mudah kok, cukup tambahkan jahe ke dalam teh.

3. Kayu manis

Selama bertahun-tahun, banyak ibu yang mengalami masalah dengan jumlah ASI mulai menggunakan rempah ini. Kayu manis disebut dapat meningkatkan ASI lho, Bunda.

Sama seperti bawang putih, kayu manis juga dapat mengubah rasa ASI. Kalau Bunda ingin menjadikan rempah ini sebagai ASI booster, caranya adalah campurkan bubuk kayu manis ke dalam susu atau teh.

4. Jintan putih

Jintan dapat meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui. Selain itu, jintan mengandung zat besi yang sangat diperlukan untuk Bunda yang sedang menyusui.

Cara konsumsinya adalah campurkan satu sendok teh jintan dengan sedikit gula dan susu hangat. Minum sebelum tidur di malam hari.

5. Adas manis

Adas manis memiliki sifat estrogenik. Rempah ini mengandung anethole yang membantu mengatasi saluran ASI yang tersumbat.

Adas manis bisa dikonsumsi dengan cara mencelupkannya ke dalam air panas. Tambahkan gula atau madu supaya rasanya manis.

Semoga bermanfaat ya, Bunda.

Lihat juga cerita Eriska Rein yang sempat mengalami drama ketika menyusui berikut ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi