sign up SIGN UP search


menyusui

5 Tips Menyapih Mudah untuk Bunda & Buah Hati, Bunda Perlu tahu

Yuni Ayu Amida Jumat, 24 Jul 2020 15:10 WIB
Mom breastfeeds her baby at home caption
Jakarta -

Ketika usia anak semakin bertambah, ia yang semula menyusu tentu harus disapih. Nah, proses menyapih anak ini kadang menjadi hal yang rumit karena pastinya anak juga harus mulai terbiasa.

Lalu bagaimana cara menyapih agar terasa mudah?

Perawat terdaftar dan konsultan laktasi, Andrea Tran, RN, IBCLC, menjelaskan bahwa saat Bunda mulai menyapih, anak pasti akan menyadari bahwa ia tidak memiliki izin sepenuhnya secara eksklusif terhadap payudara Bunda seperti dulu lagi.


"Bayi tumbuh dengan rutinitas dan menyapih sering kali merupakan perubahan besar dalam rutinitas itu," kata Tran, dilansir Romper.

Sementara itu, jika Bunda ingin mengurangi waktu menyusui si kecil, proses penyapihan akan berjalan lambat. Namun, ini bisa jadi pilihan tepat dan lebih baik untuk Bunda dan anak.

Berikut ini tips menyapih mudah untuk Bunda dan buah hati, dilansir dari Aha Parenting:

1. Ingatlah yang benar-benar diinginkan anak adalah sentuhan fisik yang penuh kasih

Anak tidak hanya mendapatkan makanan dari menyusui, Bunda. Dia mendapatkan kehangatan, kenyamanan, keamanan dan cinta. Menyapih adalah transisi dari jenis koneksi fisik tertentu, tetapi pastikan Bunda menawarkan banyak bentuk koneksi fisik lainnya.

2. Lakukan secara bertahap

Proses menyapih tidak bisa instan. Menyapih memakan waktu berminggu-minggu hingga berbulan-bulan. Jangan kecewa ketika Bunda gagal pada awal menyapih, ataupun Bunda merasa tidak tega ketika dalam proses menyapih. Tidak apa-apa, yang perlu Bunda lakukan hanya mencoba lagi dan lagi.

Mom breastfeeds her baby at homeMom breastfeeds her baby at home/ Foto: iStock

3. Berikan alternatif

Jika Bunda dengan lembut menyarankan aktivitas lain pada saat-saat ketika anak ingin menyusui, Bunda akan mendapatkan bahwa rutinitas Bunda menyusui dalam sehari sangat berkurang. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan, misalnya pergi ke taman untuk bermain atau sekadar melihat kupu-kupu, menaiki sepeda, atau aktivitas menyenangkan lainnya.

4. Kurangi waktu setiap sesi menyusui

Jika Bunda mulai mengurangi jumlah waktu saat sesi menyusui, ini akan memudahkan Bunda untuk nantinya benar-benar menyapih si kecil. Caranya, misal ketika si kecil ingin menyusui, buatlah aturan waktu, berikan hanya 10 menit saja untuk satu sesi. Bunda bisa menggunakan timer, jadi saat waktu sudah menunjukkan 10 menit, hentikan kegiatan menyusui tersebut. Kalaupun si kecil menangis, biarkan sejenak, lalu beri pengertian dan pelukan hangat.

5. Jelaskan dengan cara yang bisa dimengerti anak

Bunda bisa menjelaskan tentang menyapih pada si kecil, misalnya beri tahu dia bahwa anak-anak seusianya sudah terlalu besar untuk menyusui. Bunda juga bisa menjelaskan bahwa Bunda butuh waktu untuk beristirahat, jadi minta pengertian pada anak.

Meski awalnya terdengar sulit, semakin anak tumbuh, ia akan mulai mengerti kok, Bunda. Jadi jangan khawatir. Dan yang pasti, beri pengertian dengan perlahan dan penuh kasih sayang, tanpa bertindak keras atau menghakimi anak.

Simak juga drama ASI Eriska Rein dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi