sign up SIGN UP search


menyusui

3 Hal Penting dalam Membuat MPASI Anak 6 Bulan Menurut Saran Dokter

Asri Ediyati Jumat, 07 Aug 2020 10:28 WIB
Ilustrasi MPASI caption
Jakarta -

Si kecil sudah masuk 6 bulan, Bunda? Wah itu artinya sudah siap diberikan makanan pendamping ASI ya alias MPASI.

Kenapa harus menunggu sampai si kecil berusia 6 bulan untuk diberikan MPASI? Nah ternyata, pada saat anak memasuki usia 6 bulan sistem pencernaannya sudah lebih berkembang dari usia sebelumnya.

Ditambah, di usia 6 bulan ini, anak butuh kalori lebih yang tak cukup kalau hanya dari air susu ibu (ASI) saja. Sehingga, Bunda harus mulai mengenalkan anak makanan yang lebih padat dan sarat gizi.


Mungkin Bunda ada yang masih bingung, bagaimana menentukan makanan pertama yang terbaik untuk anak? Menurut dr.Fredrico Patria, Sp.OG., memberikan MPASI sebaiknya diberikan secara bertahap, mengingat organ pencernaan bayi yang masih belum sempurna.

"Jadi pemberian MPASI tidak bisa sembarangan, tetap harus disesuaikan dengan kesiapan bayi dalam menerima makanan," tulis Fredrico dalam bukunya Dahsyatnya Hamil Sehat & Normal.

Makanan padat pertama yang diberikan kepada bayi harus mudah dicerna serta tidak memiliki risiko alergi. Yang perlu Bunda ingat adalah jangan menambahkan gula atau garam pada makanan bayi.

Fredrico menyebutkan bahwa garam bisa membahayakan ginjal bayi. Sementara gula dapat membuat bayi 6 bulan Bunda kelak menyukai makanan manis dan berisiko merusak giginya.

Ilustrasi MPASIIlustrasi MPASI/ Foto: shutterstock

Agar lebih jelas, catat tiga hal penting yang perlu Bunda perhatikan dalam pemberian MPASI 6 bulan berikut ini yuk:

1. Tekstur MPASI 6 bulan

Mulailah dengan makanan lumat yang mudah dicerna. Jangan terlalu kasar teksturnya ketika pertama kali memberikan MPASI pada anak 6 bulan.

2. Bentuk MPASI 6 bulan

Bentuk MPASI 6 bulan itu agak cair menyerupai ASI, lalu Bunda bisa secara bertahap mengentalkan makanannya.

3. Porsi MPASI 6 bulan

Dimulai dengan satu sampai dua sendok hingga berangsur-angsur bertambah porsinya. Jangan seperti anak yang sudah besar atau bahkan orang dewasa ya, Bunda.

Jika Bunda kebingungan memilih MPASI 6 bulan pertama bayi, berikut rekomendasi dari dokter:

Untuk sayuran pertama, Bunda bisa memilih wortel, kentang, lobak, labu parang, ubi merah, segala macam ubi-ubian, kacang polog, brokoli, dan kembang kol.

Lalu, buah pertama, untuk buah pertama di MPASI 6 bulan disarankan memilih apel, pir, pisang, pepaya, dan alpukat. Bunda juga bisa kenalkan daging, ikan, ayam yang sudah dihaluskan kemudian dimasak sampai matang.

Simak juga tips Farah Quinn agar anak mau makan buah dan sayur:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi