sign up SIGN UP search


menyusui

7 Tips Menyusui Bayi Kembar di Waktu yang Sama

Asri Ediyati Kamis, 20 Aug 2020 21:59 WIB
High angle view of mother holding adorable twin kids on bed caption
Jakarta -

Menyusui bayi kembar tentu menjadi tantangan tersendiri bagi Bunda. Perlu dipahami pula, anak kembar adalah dua orang berbeda yang kebetulan lahir pada waktu yang sama.

Mengutip dari Motherly, gaya dan kebutuhan menyusui bayi mungkin sangat berbeda, jadi berikan diri Bunda waktu dan kesabaran untuk membiasakan diri untuk masing-masing bayi.

Lalu, bagaimana jika dua bayi kembar ini ingin menyusu di waktu yang sama? Sambil pelan-pelan Bunda belajar, berikut tips menyusui bayi kembar di waktu yang sama, dilansir What to Expect:


1. Pertimbangkan bantal menyusui

Bantal menyusui ada yang dirancang khusus untuk bayi kembar sehingga dapat memudahkan posisi bayi saat menyusu. Atau Bunda bisa menggunakan dua bantal biasa atau handuk yang digulung.

2. Sediakan penunjang atau minta bantuan

Saat Bunda pertama kali memulai, posisikan bantal dan minta seseorang memberikan setiap bayi kepada Bunda, setelah satu bayi melakukan perlekatan dengan baik.

Jika Bunda sendirian, duduk sofa (sediakan banyak bantal). Letakkan bayi di kedua sisi tempat Bunda akan duduk. Sangga bantal di pinggang dan posisikan bayi satu per satu di atas bantal.

3. Temukan posisi menyusui yang tepat

Coba posisikan kedua bayi di dalam football atau posisi cradle, menggunakan bantal untuk menopang kepalanya. Atau kombinasikan football atau posisi cradle, sekali lagi menggunakan bantal sebagai penyangga. Bereksperimen lah sampai Bunda dan bayi merasa nyaman.

4. Ganti payudara

Ingatlah untuk mengganti payudara untuk setiap bayi pada setiap menyusui (atau setidaknya setiap berpindah sisi setiap hari) sehingga kedua payudara dirangsang secara merata.

Baby Twins Feet, black and white7 Tips Menyusui Bayi Kembar di Waktu yang Sama/ Foto: Getty Images/iStockphoto/EKSTAZA

5. Jika menyusui bayi kembar 3 atau lebih

Jika Bunda memiliki tiga bayi kembar atau lebih untuk disusui, susui dua bayi sekaligus, lalu susui bayi ketiga sesudahnya, ingat untuk mengganti bayi mana yang mendapat waktu menyusu sendirian.

6. Lakukan apa yang terbaik untuk Bunda

Jangan khawatir jika menyusui tandem tidak tepat untuk Bunda. Bunda bisa memberikan anak ASI melalui botol, atau menyusuinya satu per satu. Yang penting adalah melakukan apa yang terbaik untuk Bunda dan bayi.

7. Fokus pada perlekatan

Menyusui lebih sering tidak akan menyebabkan puting Bunda sakit atau pecah-pecah. Sebaliknya, nyeri biasanya disebabkan oleh perlekatan yang buruk. Jadi, luangkan waktu ekstra untuk fokus pada perlekatan dengan setiap bayi.

Semoga tipsnya membantu ya, Bunda.

Simak juga tips memperbanyak ASI saat menstruasi:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi