sign up SIGN UP search


menyusui

Tips Anti Panik Menyusui Bayi Kembar Baru Lahir, Lakukan Posisi 'Football'

Muhayati Faridatun Sabtu, 23 May 2020 09:02 WIB
High angle view of mother holding adorable twin kids on bed caption
Jakarta -

Kebahagiaan Bunda mungkin sulit diungkapkan usai melahirkan bayi kembar. Tapi saat harus menyusui si kembar, duh panik bukan main karena keduanya menangis berbarengan. Bagaimana ya solusinya?

Disarankan pakar laktasi, dr.Ameetha Drupadi, CIMI, menyusui bayi kembar sebaiknya dilakukan di kedua payudara secara bersamaan. Alasannya, saat menyusui di satu payudara, ASI di payudara sebelahnya akan keluar juga.

"Maka, saat Bunda bisa menyusui dua bayi sekaligus, pertama akan menghemat waktu, dan kedua, ASI yang didapat akan lebih banyak," ujar Ameetha, dikutip dari YouTube channel Ameetha Drupadi.


Bunda mungkin enggak terbayang ya bagaimana menyusui dua bayi sekaligus. Bagaimana posisinya? Dijelaskan Ameetha, Bunda bisa melakukan posisi football, yakni posisi Bunda duduk di mana satu bayi di satu payudara dengan kepala bayi masing-masing saling berlawanan.

Bayi kembarBayi kembar/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Antonio_Diaz

"Bunda duduk bersandar di kursi dengan nyaman, di bawah lengan disanggah dengan bantal atau guling, sehingga dua bayi bisa disusui bersamaan," jelasnya.

Jadi, kedua kaki bayi mengarah ke belakang tubuh Bunda. Ameetha mengatakan, posisi football ini bisa Bunda lakukan mulai bayi baru lahir hingga usia tiga bulan.

Kalau usia si kembar sudah lebih besar dan tidak memungkinkan lagi menyusui bersamaan, enggak usah dipaksakan ya. Sebisa mungkin, menurut Ameetha, Bunda menjadwalkan sesi menyusui si kembar.

"Satu bayi di satu payudara dulu, selanjutnya baru bayi yang satu lagi," saran Ameetha.

Selamat mencoba ya, Bunda. Semoga berhasil...

Bunda, simak juga tips menyusui yang benar ala dr.Reisa Broto Asmoro, dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi