sign up SIGN UP search


menyusui

Ibu Menyusui Minum Ibuprofen Saat Sakit Kepala, Aman Enggak Ya?

Asri Ediyati Selasa, 22 Sep 2020 14:33 WIB
young mother breastfeeding caption
Jakarta -

Sakit kepala menjadi masalah kesehatan yang umum dirasakan ibu menyusui. Duh, kalau sudah begini jadi makin pusing ya, Bunda, karena enggak boleh sembarangan minum obat.

Perawat Donna Murray, RN, BSN., mengatakan bahwa pasca melahirkan ibu menyusui bisa mengalami sakit kepala. Hal itu sebagai akibat efek anestesi dan epidural.

Terjadinya let-down-reflex (LDR) dan pelepasan hormon oksitosin juga bisa menyebabkan sakit kepala. Sakit kepala jenis ini disebut sakit kepala laktasi.


"KadangĀ sakit kepala laktasi akan hilang setelah beberapa minggu, tetapi bisa terus terjadi sampai Anda menyapih anak Anda," tulis Murray, dikutip dari Very Well Family.

Pertanyaannya, apakah ibu menyusui aman mengobati sakit kepala dengan obat bebas, seperti ibuprofen? Jawabannya, aman-aman saja, Bunda. Murray mengatakan, ibu menyusui aman mengonsumsi obat bebas seperti ibuprofen.

Dilansir Medical News Today, ibuprofen aman dalam dosis sedang selama menyusui karena hanya sejumlah kecil obat yang masuk ke ASI.

Sebuah studi tahun 2014 yang mengamati konsentrasi ibuprofen dalam ASI menemukan bahwa bayi menerima kurang dari 0,38 persen dosis obat untuk wanita yang disesuaikan dengan berat badan.

Bahkan ketika wanita menyusui mengonsumsi ibuprofen dosis tinggi melalui mekanisme persalinan cepat, seperti supositoria, bayi terpapar kurang dari 1 persen dari dosis.

Meski aman, ibu menyusui yang ragu minum ibuprofen bisa mengobati sakit kepala dengan pengobatan alami. Antara lain, pijat relaksasi, mencari variasi posisi tubuh saat menyusui untuk menghindari ketegangan otot.

Lalu, mandi menggunakan air hangat, dan kompres hangat atau dingin. Semoga informasi tentang minum ibuprofen saat menyusui bisa dipahami ya, Bunda.

Simak juga tips memperbanyak ASI saat menyusui:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi