sign up SIGN UP search


menyusui

7 Obat Sakit Kepala Alami yang Aman Dikonsumsi Ibu Menyusui

Asri Ediyati Sabtu, 12 Sep 2020 10:47 WIB
Concept of motherhood, multi-tasking and family. Mother of two children having headache caption
Jakarta -

Sakit kepala ibu menyusui seringkali disebut sakit kepala postpartum. Ini biasanya dialami 30-40 persen ibu menyusui setelah melahirkan. Bunda juga mengalaminya?

Menurut konselor laktasi Joanne Aubrey IBCLC, biasanya sakit kepala ibu menyusui terjadi saat keluarnya ASI. Sakit kepala bisa berlanjut selama menyusui meskipun biasanya membaik dengan cepat.

Mengutip Healthline, ada beberapa penyebab sakit kepala pada ibu menyusui, pertama jika ibu menyusui punya riwayat migrain, pergeseran kadar hormon, penurunan berat badan, kurang tidur, dehidrasi.


Lalu, sakit kepala pada ibu menyusui juga bisa disebabkan oleh preeklamsia, penggunaan anestesi, kafein, dan lainnya.

Mungkin Bunda bertanya-tanya, apa obat sakit kepala untuk ibu menyusui yang aman untuk dikonsumsi? Berikut tujuh obat sakit kepala alami dan aman dikonsumsi ibu menyusui:

1. Pijat

Dilansir Mom Junction, pembasmi stres ini dapat membantu mengurangi intensitas nyeri yang berbeda termasuk sakit kepala. Bunda dapat menyewa jasa tukang pijat profesional atau hanya meminta pasangan untuk pijat kepala yang lembut untuk menghilangkan rasa sakit. Ini bisa membuat Bunda merasa rileks saat menyusui bayi.

2. Minum banyak air

Menjaga diri terhidrasi adalah cara terbaik untuk mencegah sakit kepala yang disebabkan oleh dehidrasi. Minum segelas air lebih banyak membuat Bunda merasa segar.

3. Mandi air hangat

Berendam di bak air hangat membantu melepaskan ketegangan dari otot-otot tubuh yang tegang. Ini juga membuat rileks tubuh Bunda, sehingga membuat tubuh merasa diremajakan.

A child is drinking clean water from a bottle. Hot summer day.7 Obat Sakit Kepala Alami yang Aman Dikonsumsi Ibu Menyusui/ Foto: Istock

4. Konsumsi makanan yang kaya riboflavin

Bukti menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya riboflavin, juga disebut vitamin B2, dapat mengurangi intensitas sakit kepala terutama yang disebabkan oleh migrain. Banyak makanan umum, seperti bayam, selada, apel, dan susu, secara alami kaya akan riboflavin.

5. Tidur nyenyak

Tidak ada yang lebih menenangkan saraf selain tidur nyenyak. Tidurlah saat bayi tidur. Bahkan tidur siang singkat selama sepuluh menit dapat membantu Bunda merasa segar kembali.

6. Pakai minyak esensial

Beberapa minyak esensial diyakini bisa meredakan sakit kepala. Minyak esensial yang bisa mengobati sakit kepala ibu menyusui antara lain minyak lavender, rosemary, eucalyptus, peppermint, chamomile. Bunda bisa tuang minyak esensial ini di diffuser.

7. Kurangi screentime

Mungkin saatnya Bunda kurangi screentime dengan gadget. Ibu menyusui yang bekerja dari rumah, harus istirahat secara teratur untuk mengistirahatkan mata dan mengonsumsi makanan sehat sepanjang hari.

Bagaimana jika sakit kepala tak tertahankan? Jika Bunda sakit kepala migrain saat menyusui dan tidak bisa menahannya coba konsultasikan ke dokter. Dilansir Very Well Family, biasanya dokter akan meresepkan obat parasetamol, ibuprofen, obat anti nyeri yang masih aman untuk dikonsumsi ibu menyusui.

Semoga tips tentang obat sakit kepala ibu menyusui di atas membantu ya, Bunda.

Simak juga cara mencegah kehamilan pada ibu menyusui melalui video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi