sign up SIGN UP search


menyusui

10 Larangan Ibu Menyusui

Mutiara Ananda Senin, 21 Sep 2020 15:39 WIB
Happy woman giving breast milk to her newborn baby while sitting in living room stock photo caption

Masa menyusui memang banyak aturan nih, Bunda. Mulai dari perubahan kebiasaan, gaya hidup, jam istirahat, hingga menyangkut soal makanan. Hal ini karena apa yang Bunda makan, itu juga akan masuk ke dalam tubuh si kecil.

"Sebenarnya tidak ada makanan yang harus dihindari sepenuhnya oleh setiap wanita menyusui. Sebagian besar ibu menyusui dapat terus makan makanan yang biasa mereka makan," kata Lindsey Shipley, RN, pendidik persalinan, konsultan laktasi bersertifikat IBCLC dan pendiri Lactation Link, sebuah sumber daya online untuk pendidikan menyusui, dilansir laman The Bump.

Shipley juga menjelaskan bahwa penting untuk menjaga pola makan seimbang untuk membantu Bunda dan si kecil agar merasa lebih baik. Sehingga tak ada salahnya menghindari berbagai hal yang membawa risiko untuk si kecil. Tak hanya mencakup soal makanan, namun juga berkaitan dengan perawatan kecantikan, hingga olahraga.


Dikutip dari laman Refinery29, berikut 10 larangan saat Bunda tengah ada dalam masa menyusui.

1. Pemutih gigi

Jika Bunda sedang berpikir untuk memutihkan gigi di dokter gigi saat melahirkan, rasanya hal itu perlu ditunda terlebih dahulu.

Selama ini, belum ada penelitian tentang keamanan pemutihan gigi selama kehamilan dan menyusui, untuk itu semua dokter gigi dapat kembali pertimbangkan untuk merekomendasikan hal ini.

2. Alkohol

Pada dasarnya, alkohol memang tidak baik untuk tubuh ya, Bunda. Terlebih saat Bunda ada dalam masa menyusui si kecil.

Saat Bunda meminum alkohol, alkohol akan tersimpan dalam darah dan akan turun setelah sekitar satu jam. Ini juga akan terjadi pada kandungan ASI.

3. Pil KB

Salah satu obat kontrasepsi ini ternyata juga menjadi larangan bagi Bunda yang tengah menyusui, lho. Pil KB dengan kandungan progesteron dan esterogen akan menurunkan produksi ASI.

Jika Bunda harus mengonsumsi Pil KB namun mengalami masalah pada ASI, Bunda perlu konsultasi pada dokter untuk mengganti jenis pil KB.

4. Botox

Melakukan botox selama masa menyusui tentu akan berbahaya. Meski perawatan kecil, botox akan bertahan selama tiga hingga empat bulan di dalam jaringan dan berpotensi masuk ke dalam ASI.

Jika Bunda tetap ingin melakukannya, carilah alternatif lain, atau Bunda bisa menunggu hingga masa menyusui selesai.

5. Kafein

Mengonsumsi kafein memiliki pengaruh berbeda pada setiap bayi yang menerima ASI nih, Bunda. Ada bayi yang gelisah, ada pula yang baik-baik saja.

Jika Bunda ingin membuat kopi atau teh, Bunda perlu perhatikan apakah hal ini bisa membuat si kecil jadi merasa enggak nyaman atau sebaliknya. 

6. Paparan sinar matahari

Saat menyusui, Bunda bisa hindari berada di bawah sinar matahari terlalu lama. Hal ini bisa menyebabkan Bunda dehidrasi dan kekurangan cairan.

Jika harus berada di bawah sinar matahari, pastikan Bunda memiliki cukup cairan dan tidak merasa haus.

7. Yoga

Setelah melahirkan, Bunda mungkin akan merasa harus segera memperbaiki bentuk tubuh dengan yoga.

Sama seperti sinar matahari, yoga akan membuat tubuh dehidrasi dan berkeringat. Karena itu, Bunda harus pastikan banyak minum air.

8. Ikan

Beberapa ikan mengandung merkuri dan polutan yang bisa mempengaruhi perkembangan otak bayi. Tapi ini hanya berlaku pada beberapa ikan.

Beberapa ikan yang dilarang adalah ikan king makarel, ikan todak, dan tilefish. Bunda boleh makan udang, salmon, dan lele setidaknya dua kali seminggu.

9. Pappermint, Peterseli, dan Sage

Ketiga bumbu ini akan mempengaruhi produksi ASI lho, Bunda. ASI akan mengalami penurunan jika mengonsumsinya terlalu berlebih

Jika Bunda merasa produksi ASI menurun setelah mengonsumsi ketiga bahan tersebut, sebaiknya segera hentikan.

10. Makanan pedas

Kebanyakan Bunda tidak memperhatikan hal ini karena tidak terjadi perubahan pada si kecil setelah meneima ASI. 

Jika Bunda makan makanan pedas dan si kecil merespon dengan tanda tidak nyaman, mungkin makanan pedas adalah penyebabnya.

Semangat mengASIhi ya, Bunda. Lebih baik menghindari 10 hal di atas, agar tidak mengganggu proses menyusui.

Simak juga yuk menu sarapan untuk ibu meyusui dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi