sign up SIGN UP search


menyusui

5 Tips Dokter Saat Harus Memompa ASI di Tempat Kerja di Masa Pandemi

Asri Ediyati Kamis, 15 Oct 2020 14:15 WIB
Cuci tangan
Pumping hand sanitizer into hand. caption

Selain itu, tetap jangan lupa mencuci tangan sebelum dan sesudah memerah/memompa ASI. Sangat penting untuk menjaga kebersihan tangan dan alat perah ASI.

Aturan cuci tangan ini memang sudah berlaku sebelum pandemi ya, Bunda. Nah, di masa pandemi ini, kita perlu ekstra dan cuci tangan sesuai yang disarankan WHO yaitu 20-30 detik dengan sabun dan air mengalir.

4. Simpan di tempat aman

Lalu, bagaimana cara menyimpan ASI perah saat memompa di tempat kerja? Tetap perhatikan tempat yang aman dan bersih.


"Sejak sebelum pandemi pun saya selalu menyarankan pasien-pasien saya, untuk mempermudah proses mengASIhi, termasuk di kantor, bila kantornya tidak ada kulkas maka boleh ditaruh di kotak cooler bag," ucapnya.

Pastikan juga cooler bag-nya memiliki blue iced gel yang beku dan dingin, yang dibawa setelah dari freezer kulkas rumah juga, Bunda. Lia mengatakan, blue iced gel yang beku mampu membuat ASI bertahan hingga 12 jam.

"Dan ini bisa bertahan 12 jam kok, selama blue iced gel ini masih dingin dan beku. Jadi cukup kok sejak perjalanan berangkat dan sampai rumah lagi. Taruh ASI perahan tersebut di dalam cooler bag menempel dan dekat dengan blue iced gel tersebut. Boleh 2 ya blue iced gel-nya," kata Lia.

Membawa susu perah di kendaraan umum
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!