sign up SIGN UP search


menyusui

Rianti Cartwright Beri ASI Pakai Botol, Benarkah Bikin Anak Bingung Puting?

Asri Ediyati Sabtu, 24 Oct 2020 17:03 WIB
Rianti Cartwright caption
Jakarta -

Belum lama ini mantan VJ MTV, Rianti Cartwright membagikan fotonya sedang memberi ASI pada anaknya, Cara Rose Nainggolan, dengan botol. Cara Rianti pun panen kritikan dari netizen, yang khawatir anaknya bingung puting, Bunda.

Dalam foto, Rianti sebenarnya sudah menjelaskan bahwa ia masih tetap menyusui langsung. Namun jika ia nantinya berencana untuk bekerja, ia khawatir anaknya tidak terbiasa.

"This is the first time Cara Rose minum pakai botol! Selama tiga bulan ini aku masih exclusive direct breastfeeding (DBF) dan untuk seterusnya juga masih tetap DBF," kata Rianti.


"Tapi menurut dokter, kalau nanti berencana kembali bekerja (2021 maybe? Haha) ada baiknya Cara Rose familiar juga dengan minum ASI lewat botol (selain DBF)," ujarnya.

Rianti juga menjelaskan bahwa dengan botol susu pilihannya itu, anaknya tetap mau menyusu langsung. Ini karena ia memilih nipple botol yang bentuknya sama dengan payudara.

"Di botol ini juga ada Internal Vent System yang dapat memberikan aliran yang alami sama seperti aliran dari payudara Mummy-nya, jadi Cara Rose gak bingung puting," kata Rianti menjelaskan.

Namun, tetap saja netizen berkomentar, Bunda. Berkaca dari pengalaman masing-masing, banyak netizen yang mengaku anaknya bingung puting setelah diberi botol.

"Kalo bisa jangan pake botol, nanti bisa bingput (bingung puting). Pake media lain kak, seperti pipet atau cup feeder. Silahkan Google tentang bingputnya.. semoga membantu," tulis netizen.

Ada juga yang menyarankan bila perlu yang memberi ASI lewat botol bukanlah sang ibunda melainkan ayah atau neneknya.

"Minum ASI pake botol it's Ok.. tapi kalau bisa jangan dr ibunya langsung... karena biar babynya bisa tahu kalau ibunya nyusuin langsung dari pabriknya.. Kalau bisa daddy or grandma-nya saja biar bisa sekalian bonding time dengan papa dan kakek neneknya," timpal netizen lain.

Mungkin Bunda juga bertanya-tanya, benar enggak sih botol bikin bingung puting? Menurut konselor laktasi berbasis di Los Angeles, AS, Rebecca Agi, MS, IBCLC, bingung puting memang kadang-kadang terjadi ketika bayi yang disusui diberi puting susu buatan (seperti dot) segera setelah lahir.

Agi mengatakan, bayi belajar mengisap secara berbeda pada jenis puting yang berbeda. Bentuk dot botol tidak sama dengan bentuk dot pada payudara. Aliran susu dari dot botol juga berbeda.

"Ketika bayi terbiasa dengan perbedaan pola dan aliran isapan, mereka mungkin akan bingung dan mulai kesulitan untuk mengisap payudara. Mereka bahkan mungkin menolak payudara sama sekali," tulisnya, dikutip dari Very Well Family.

Namun, yang menjadi catatan adalah tidak semua bayi bakal mengalami bingung puting. Beberapa bayi dapat menggunakan empeng dan bolak-balik dari payudara ke botol tanpa masalah, sementara yang lain merasa transisi ini sulit.

Lalu, yang menjadi catatan lagi, jika memungkinkan, banyak konselor laktasi menyarankan agar menunggu untuk memperkenalkan botol sampai bayi berusia sekitar 4 minggu untuk menyusu dengan baik.

Jadi, memang sebaiknya dikonsultasikan dahulu ke dokter seperti Rianti Cartwright ya, Bunda. Setiap bayi juga berbeda, ada yang tidak bingung puting seperti Cara Rose, ada juga yang mungkin bingung puting.

Simak juga car mencegah kehamilan bagi ibu menyusui:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi