sign up SIGN UP search


menyusui

3 Posisi Menyusui yang Nyaman untuk Bunda Setelah Operasi Caesar

Annisa Karnesyia Jumat, 04 Jun 2021 15:30 WIB
Mothers breastfeed while dating a beautiful golden sunset, golden light shines on the mother and child. caption
Jakarta -

Menyusui setelah melahirkan menjadi tantangan baru baru banyak Bunda. Apalagi, bila Bunda melahirkan dengan proses operasi caesar ya.

Tak sedikit Bunda merasa khawatir dan takut tak bisa menyusui bayinya setelah operasi caesar. Mereka juga takut terpisah dan tidak punya tenaga cukup untuk mengASIhi buah hatinya.

Terlepas dari semuanya, menyusui setelah operasi caesar sangat mungkin dilakukan. Bunda perlu memastikan dulu ke dokter untuk benar-benar bisa melakukannya ya.


"Dalam kebanyakan kasus, Anda dapat segera menyusui setelah operasi caesar. Terkadang ini bisa dilakukan saat masih di ruang operasi," kata psikolog kesehatan dan perawat, Debra Rose Wilson, Ph.D., MSN, R.N., IBCLC, AHN-BC, CHT, dilansir Healthline.

Melakukan Inisiasi Menyusu Dini (IMD) memang dianjurkan setelah melahirkan. Sebab, IMD dikatakan sebagai kunci utama keberhasilan Bunda menyusui eksklusif si Kecil.

Meski IMD tidak bisa dilakukan karena alasan medis, Bunda tidak perlu khawatir ya. Bunda tetap bisa memproduksi ASI dengan rutin memerah atau memompa payudara.

Ketika sudah boleh menyusui, masalah lain bisa muncul setelah operasi caesar. Salah satunya adalah luka bekas operasi yang bikin Bunda enggak nyaman menyusui. Luka mungkin terasa perih atau sakit setelah melahirkan.

Diperkirakan sekitar 3 hingga 15 persen wanita mengalami infeksi pada luka sayatan caesar mereka. Infeksi luka ini terjadi saat bakteri masuk ke dalamnya. Untuk itu, luka bekas operasi perlu dirawat, Bunda.

Menyusui setelah operasi caesar tetap bisa dilakukan dengan hati-hati agar luka tidak sakit. Caranya dengan mencari posisi menyusui yang nyaman.

Melansir dari berbagai sumber, berikut 3 posisi nyaman menyusui setelah melahirkan caesar:

1. Side lying

Posisi side lying atau berbaring miring saat menyusui disarankan untuk Bunda setelah melalui operasi caesar. Posisi ini nyaman dan tak terlalu memberikan tekanan pada luka bekas operasi.

Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga tips memperbanyak ASI saat menstruasi, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

POSISI MENYUSUI YANG NYAMAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi