sign up SIGN UP search


menyusui

Trik Atasi Bayi Menggigit Puting Saat Menyusu, Ibu Baru Mesti Tahu

Radian Nyi Sukmasari Jumat, 27 Mar 2020 15:49 WIB
Si kecil tiba-tiba menggigit puting saat disusui. Sakit memang. Tapi tenang, begini cara mengatasinya. caption
Jakarta - Duh, si kecil menggigit puting saat disusui. Sakitnya! Eits, tapi tenang, Bun, ada cara ampuh mengatasinya.

Kata dr.Elizabeth Yohmi, Sp.A, IBCLC, agar bayi enggak menggigit puting saat menyusu adalah dengan komunikasi. Komunikasi ini enggak melulu verbal.




Yohmi bilang, kalau Bunda melotot bayi akan mengerti. Dengan dipelototin anak enggak akan berhenti menggigit puting payudara.

"Selain itu anak juga harus dikasih tahu bahwa saat puting payudara digigit, maka ibu akan kesakitan. Hal terpenting, komunikasi," tegas Yohmi.

Dilansir Baby Gaga, cara utama menghentikan gigitan bayi saat menyusu adalah mengalihkan perhatian bayi dengan melakukan sesuatu misalnya membuat suara gaduh. Kemudian, memberi dia mainan atau teether.

Sebab Bunda, menggigit saat menyusu bisa jadi karena anak bosan dan sudah kenyang. Untuk itu, penting buat Bunda tahu tanda bayi sudah kenyang ketika menyusu atau bosan.

menyusuimenyusui/ Foto: iStock
Bahkan, tumbuh gigi bisa bikin gusi bayi gatal lho. Alhasil, si kecil menjadikan puting sebagai pelampiasan rasa gatal. Satu hal yang perlu diingat jangan sampai membentak bayi ya, Bun, karena dia bisa trauma.



Cara lain yang bisa dilakukan adalah segera menghentikan sesi menyusui. Setelah itu, ajak anak bicara bahwa apa yang dia lakukan menyakitkan. Meski belum bisa bicara, yakinlah si kecil sudah ngeh dengan omongan ibunya kok. Tetap semangat, Bunda!

Simak kisah drama ASI Eriska Rein di sini.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi