sign up SIGN UP search


menyusui

7 Persiapan Menyusui yang Penting Dilakukan Sejak Bunda Hamil

Erni Meilina Senin, 30 Nov 2020 07:53 WIB
Young adult Caucasian pregnant woman is meeting with midwife or obstetrician during a childbirth class or pregnancy support group caption

Jakarta – Menyusui menjadi pengalaman tak terduga untuk setiap Bunda. Pengalaman menyusui anak pertama, belum tentu akan sama seperti kelahiran anak-anak selanjutnya.

Untuk itu, penting melakukan persiapan menyusui sejak kehamilan, tepatnya jelang kelahiran si kecil. Sehingga keinginan menyusui si kecil dari hari pertama kelahirannya dapat terwujud nih, Bunda.

Selama ini, banyak Bunda yang mempersiapkan peralatan mandi, makan, pakaian, ataupun nama calon anaknya. Tapi, banyak yang lupa bahwa persiapan menyusui untuk si kecil setelah melahirkan menjadi penting. Ada beberapa orang yang merasakan nyeri di sekitar payudara saat menyusui. Seperti diungkapkan oleh seorang Ibu baru, Rachel Palmer dari Barrie, Ontario. “Saya merasa sakit tetapi tidak ingin mengeluh,” katanya dikutip dari Todays Parent.


Nah, agar hal-hal seperti di atas tidak terjadi pada Bunda, berikut beberapa tips dikutip dari Pink Villa, mengenai hal yang perlu disiapkan untuk menyusui sebelum melahirkan:

1. Pelajari tentang prosesnya

Konsultan laktasi Halifax, Cassie Kent, mengatakan bahwa pemberian ASI dapat berjalan lebih lancar jika Bunda berada dalam posisi yang nyaman dan setengah bersandar dan merangkul si kecil di dada, membiarkannya menyusu sendiri, dengan dukungan.

Bunda, bisa mulai berlatih posisi ini dengan bantuan boneka sebelum kelahiran si kecil lho. Ikuti kelas persalinan untuk mendapat panduan yang lebih jelas dan tepat.

“Melakukan ini lebih awal dan sering, akan membantu bayi mendapatkan pelekatan yang baik dan produksi ASI yang prima,” katanya. Konsultan laktasi Sue Arsenault dari Elmfield, NS, menambahkan bahwa sangat berguna untuk membaca informasi tentang proses menyusui, termasuk bagaimana mengenali dan menangani pembengkakan yang sering terjadi sekitar hari ketiga atau keempat ketika ASI Anda.

2. Kenali tubuh Bunda

Beberapa faktor fisik atau medis dapat menyebabkan kesulitan dalam menyusui, jadi sebaiknya diskusikan dengan profesional mengenai masalah ini, Bunda. Kent menyebutkan bahwa operasi payudara, ketidakseimbangan hormon atau Polycystic Ovary Syndrome (PCOS), kesulitan hamil, kurangnya pertumbuhan payudara selama kehamilan, pertumbuhan payudara yang terlambat atau tidak merata selama masa pubertas, memiliki ukuran payudara yang sangat berbeda atau jarak yang lebar, atau menderita diabetes atau masalah tiroid dapat menyebabkan masalah menyusui di kemudian hari.

“Tak satu pun dari semua ini berarti seorang wanita tidak dapat menyusui, tetapi mendiskusikan masalah apa pun dengan seorang ahli sebelum melahirkan dapat membantu Anda mengembangkan rencana,” ungkap Cassie Kent lebih lanjut.

Tanyakan tentang belajar memerah kolostrum dengan tangan saat Anda masih hamil sehingga Anda dapat menyimpannya jika si kecil membutuhkan suplementasi.

Selanjutnya, Bunda, bisa mempelajari mengenai posisi menyusui yang benar. Klik NEXT ya, untuk baca informasi lebih lengkapnya!

Banner Elon MuskFoto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

Bunda, juga bisa mempelajari posisi menyusui agar tak terkena mastitis seperti Citra Kirana dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Persiapan Menyusui yang Harus Dilakukan Sebelum Melahirkan
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi