sign up SIGN UP search


menyusui

6 Panduan Diet Aman untuk Ibu Menyusui, Tunggu Bayi Berusia 2 Bulan

Erni Meilina Sabtu, 28 Nov 2020 13:35 WIB
Mother breastfeeding baby son in bedroom, they enjoy in this moment together caption

Jakarta - Menurunkan berat badan saat menyusui bisa jadi sedikit rumit bagi sebagian besar para Bunda. Banyak Bunda menginginkan tubuh kembali secepat mungkin seperti sebelum hamil beberapa waktu pasca melahirkan.

Tetapi sayangnya, menurunkan berat badan saat menyusui akan membuat Bunda merasa lapar sepanjang waktu. Artinya, Bunda tidak boleh terburu-buru menurunkan berat badan secara drastis.

“Untuk melahirkan bayi, semua yang ada di tubuh membesar,” kata Jennifer Ritchie, IBCLC, konsultan laktasi di Pantai Newport, California dan penulis I Make Milk, What’s Your Superpower?


“Pinggulmu membesar, tulang rusukmu membesar. Butuh sembilan bulan untuk menambah beban itu, jadi beri diri Anda waktu setidaknya sembilan bulan untuk melepaskannya dan mendapatkan tubuh Anda kembali,” sambung Jennifer, dikutip dari The Bump.

Setelah Bunda melewati beberapa minggu pertama setelah melahirkan, tubuh Bunda butuh waktu untuk pulih agar dapat kembali ke bentuk semula. Kebanyakan ahli tidak menganjurkan diet saat menyusui. Itu karena tubuh Bunda membutuhkan bahan bakar ekstra untuk membuat ASI, sekitar 500 kalori atau lebih per hari yang Bunda butuhkan untuk memproduksi ASI, kata Mary Jane Detroyer, MS, RD, CDN, ahli gizi yang berbasis di New York City, ahli diet terdaftar, dan pelatih pribadi.

“Kami benar-benar merekomendasikan agar para ibu tidak melakukan diet yang sangat ketat, tidak ada yang lebih rendah dari 1.500 kalori sehari, yang tidak akan memungkinkan pasokan ASI yang banyak,” tambah Shannon Davids, MD, seorang OB-GYN di Rumah Sakit Universitas Thomas Jefferson di Philadelphia. Melansir dari Kelly Mom, sebenarnya ada 6 panduan diet yang aman selama Bunda menyusui.

Berikut 6 cara melakukan diet selama menyusui. Klik Next ya, Bunda!

Simak juga yuk menu diet untuk ibu menyusui dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Cara Aman untuk Diet Saat Menyusui
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi