sign up SIGN UP search


menyusui

3 Hal yang Perlu Diperhatikan Ibu Menyusui di Atas Usia 40 Tahun

Annisa Karnesyia Minggu, 13 Dec 2020 11:39 WIB
Portrait of a loving mother in sofa breastfeeding baby girl. Newborn child fed with breast milk by mom. caption
Jakarta -

Menyusui merupakan proses yang bisa menguras tenaga ya, Bunda? Tak jarang ibu sering mengeluh kelelahan hingga sulit tidur karena jadwal menyusui buah hatinya.

Memasuki usia produktif, menyusui mungkin buka kendala berarti bagi seorang wanita. Kecuali, wanita itu mengalami masalah kesehatan yang membuatnya sulit menyusui.

Masalah menyusui bisa menjadi momok menakutkan bagi sebagian besar ibu. Terutama, ibu yang memiliki anak di usia 40 tahun ke atas.


Seperti kita tahu, wanita sering diminta hati-hati saat hamil di atas usia 40 tahun. Beberapa pakar mengatakan bahwa kehamilan di atas usia ini bisa berisiko pada janinnya.

Terkait masalah ini, beberapa ibu percaya usia juga bisa memengaruhi proses menyusui, Bunda. Mereka takut produksi ASI bisa terganggu karena usia mulai memasuki masa menopause.

Lalu benarkah usia ibu berkaitan erat dengan pemberian ASI pada buah hatinya?

Dokter umum Dr.Philippa Kaye mengatakan bahwa usia ibu sama sekali tidak berhubungan dengan kualitas ASI-nya. Menurutnya, tidak ada bukti yang mengatakan kualitas ASI bisa menurun seiring bertambahnya usia ibu.

"Banyak wanita lansia berhasil menyusui dan tidak ada indikasi medis untuk tidak menyusui berdasarkan usia ibu," kata Kaye, dilansir Made for Mums.

"Faktanya, ASI adalah makanan pertama yang direkomendasikan untuk semua bayi, terlepas dari berapa usia sang ibu," sambungnya.

Menyusui memang tak pandang usia ya, Bunda. Meski telah memasuki usia 40 tahun, ibu tetap bisa menyusui tanpa kendala kok.

Tapi, di usia ini kondisi tubuh mungkin tidak sama seperti dulu lagi. Ibu mungkin mengalami masalah yang bisa menghambat pemberian ASI lho

Dalam menyusui si kecil, Bunda yang berusia di atas 40 tahun sebaiknya memperhatikan beberapa hal penting. Apa saja?

Klik NEXT untuk penjelasan lengkapnya ya.

Banner susuhttps://www.haibunda.com/tag/susuBanner susu/ Foto: HaiBunda/Mia Kurnia Sari

Simak juga cara memperbanyak ASI saat menstruasi, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rap)
Hal yang Perlu Diperhatikan Ibu Menyusui di Atas Usia 40 Tahun
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi