sign up SIGN UP search


menyusui

3 Hal yang Perlu Diperhatikan Ibu Menyusui di Atas Usia 40 Tahun

Annisa Karnesyia Minggu, 13 Dec 2020 11:39 WIB
Hal yang Perlu Diperhatikan Ibu Menyusui di Atas Usia 40 Tahun
Portrait of a young attractive woman breastfeeding a child, holding on her hands, sitting. New born, bonding concept photo, horizontal caption

Wanita berusia 40 tahun ke atas perlu memerhatikan kondisi tubuhnya saat menyusui. Dilansir Moms, berikut 4 hal yang perlu ibu perhatikan saat menyusui si kecil:

1. Mempertimbangkan waktu tidur

Saat berusia 20 tahun-an, Bunda akan memiliki cukup energi untuk mengatur waktu istirahat. Terutama jika harus terjaga di malam hari untuk menyusui.

Namun, seorang ibu yang berusia 40 tahun mungkin memiliki metabolisme yang lebih lambat dari wanita muda. Kondisi tubuh baru kembali segar setelah beberapa jam tidur, Bunda.


Ingat ya, istirahat itu merupakan komponen penting untuk menjaga suplai ASI. Jika Bunda harus terjaga di malam hari karena menyusui, coba seimbangkan dengan tidur di siang hari bersama buah hati.

Kalau sulit tidur, Bunda bisa mengisi waktu dengan kegiatan yang bermanfaat lainnya. Cobalah olahraga yoga, latihan pernapasan, atau mandi untuk relaksasi tubuh.

2. Kebutuhan nutrisi

Diet bergizi diperlukan untuk menjaga suplai ASI. Seorang wanita berusia 20 tahun-an memiliki metabolisme yang tinggi.

Kondisi ini bisa berubah saat wanita memasuki usia 30 dan 40 tahun. Metabolisme bisa lebih lambat dan sulit untuk menurunkan berat badan.

Jangan lupa penuhi asupan nutrisi dan kalori ekstra selama menyusui. Imbangi juga dengan aktivitas untuk membakar kalori demi menurunkan berat badan.

3. Perimenopause

Perimenopause dapat dimulai 10 tahun sebelum menopause muncul. Gejala umumnya berupa nyeri pada payudara dan puting, Bunda.

Sakit ini biasa dialami ibu di tengah siklus menstruasi atau beberapa minggu sebelumnya. Selain rasa sakit, Bunda mungkin akan mudah lelah.

Jika gejala ini sampai mengganggu ibu menyusui, sebaiknya segera konsultasi ke dokter ya. Dokter mungkin akan mengambil tindakan untuk mengatasinya.

(ank/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi