sign up SIGN UP search


menyusui

Mengenal Relaktasi: Menyusui Kembali Setelah Sempat Berhenti

Erni Meilina Jumat, 15 Jan 2021 11:11 WIB
Proses Relataksi Berbeda-beda
Menyusui kembali setelah sekian lama berhenti bisa lho Bunda dilakukan. Kita simak yuk penjelasannya. caption

Pasokan ASI bertambah dan berkurang selama Bunda menyusui. Bunda mungkin masih bisa menghasilkan sedikit ASI, meskipun sudah berminggu-minggu atau berbulan-bulan sejak terakhir kali Bunda menyusui atau memompa.

Percayalah bahwa menyusui adalah proses yang hangat, fleksibel, dan lancar, dan jika Bunda pernah menyusui sebelumnya, mungkin lebih mudah daripada yang Bunda pikirkan untuk kembali menyusui secara langsung. Untuk mendorong suplai ASI penuh, Bunda sebaiknya berusaha untuk menyusui atau memompa 8 hingga 12 kali sehari, atau setiap 2 hingga 3 jam. Termasuk setidaknya sekali semalam.

Mungkin, pada awalnya Bunda hanya akan melihat tetesan atau tidak banyak susu sama sekali. Jika Bunda terusĀ menyusui atau memompa, Bunda akan mulai melihat peningkatan. Sedikit kesabaran sangat membantu dalam hal ini.


Tidak semua bayi akan menyusu berminggu-minggu atau berbulan-bulan setelah disapih, tetapi Bunda akan terkejut betapa banyak bayi yang akan dengan senang hati mencoba. Terutama jika Bunda menawarkan ASI sebelum tidur, setelah tidur siang, setelah mandi atau waktu lain yang membuatnya nyaman.

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi