sign up SIGN UP search


menyusui

Manfaat Penting Bayi Mendapatkan ASI Eksklusif 6 Bulan

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 21 Feb 2021 17:22 WIB
happy family photo of mother and daughter breastfeeding her baby Foto: iStock

Manfaat memberikan ASI eksklusif 6 bulan bagi ibu dan bayi memang tak diragukan lagi. Tidak saja membantu tumbuh kembang bayi maksimal, tetapi juga memberikan perlindungan kesehatan.

American Academy of Pediatrics dan WHO sendiri merekomendasikan agar bayi mendapatkan ASI eksklusif 6 bulan pertama mereka. Lynley Holman, seorang obgyn di Lawrence mengatakan bahwa menyusui memberikan sejumlah manfaat bagi bayi dan juga ibu.

"Bayi yang disusui menerima antibodi yang melindungi mereka dari beberapa bakteri dan virus," kata Dr Holman, seperti dikutip dari laman Lmh.


Tak hanya itu, sambung Holman, bayi yang disusui setidaknya selama enam bulan juga memiliki lebih sedikit infeksi telinga, infeksi saluran pernapasan, dan serangan diare. Bayi juga diketahui lebih sedikit berisiko terkena alergi.

"Dalam jangka pendek, manfaat bagi ibu termasuk penurunan tingkat kehilangan darah pascapartum dan lebih cepat kembali ke berat badan sebelum hamil. Dalam jangka panjang, wanita mendapatkan manfaat dari penurunan angka kanker payudara dan ovarium, hipertensi, serta diabetes tipe 2," tambah Holman.

The American College of Obstetricians and Gynecologists and the American Academy of Pediatrics sendiri merekomendasikan pemberian ASI eksklusif untuk enam bulan pertama kehidupan bayi tetapi dapat berlanjut selama ibu dan bayi menginginkannya.

Banner Resep Telur

"Sebagai tim perawatan kesehatan, kami mendukung keputusan dari setiap ibu termasuk untuk memberikan dukungan pemberian ASI eksklusif 6 bulan," kata Holman.

Melansir Breastfeedingasn, bayi yang mendapatkan ASI eksklusif 6 bulan tanpa menambahkan makanan atau minuman apa pun, akan membantu memastikan kesehatannya baik sepanjang tahun pertama kehidupan mereka, mengurangi risiko si kecil terkena infeksi, dan mengurangi risiko ibu terkena kanker payudara. 

Wah, banyak sekali manfaat yang didapat ibu menyusui jika memberi ASI eksklusif selama 6 bulan penuh, ya, Bun. Lanjut baca manfaat lain di halaman selanjutnya, Bun!

Simak informasi lain di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Manfaat Lain ASI Eksklusif
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi