sign up SIGN UP search


menyusui

Manfaat ASI untuk Si Kecil Jika Ibu Menyusui Sampai 2 Tahun

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 16 Feb 2021 15:51 WIB
Young mother breastfeeding  her newborn baby boy at home caption

Pemberian ASI sebagai makanan utama anak sejak lahir sangat direkomendasikan. World Health Organization (WHO) menyebutkan, ASI adalah sumber gizi terbaik bagi bayi karena dapat memenuhi seluruh nutrisi yang dibutuhkan, khususnya di 6 bulan pertama. Jadi, Bunda sangat dianjurkan memberi ASI eksklusif selama 6 bulan bagi Si Kecil.

Perlu Bunda tahu, pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan memiliki banyak manfaat, yang paling utama yakni pembentukan antibodi, yang melindungi tubuh Si Kecil dari berbagai jenis penyakit yang biasa menyerang anak-anak, seperti diare dan infeksi saluran cerna. Apalagi, risiko kematian akibat diare dan infeksi lain juga bisa meningkat pada bayi yang disusui sebagian, atau tidak disusui sama sekali.

Setelah 6 bulan, Makanan Pendamping ASI (MPASI) yang bernutrisi boleh diberikan bersamaan dengan ibu menyusui. Bunda bisa lanjut menyusui sampai usia 2 tahun atau lebih tergantung dengan keinginan Bunda dan si kecil. Namun, banyak bayi yang tidak mendapatkan makanan dengan optimal. Menurut data, hanya sekitar 44 persen bayi usia 0-6 bulan di seluruh dunia yang mendapat ASI eksklusif, selama periode 2015-2020.


ASI juga merupakan sumber energi dan nutrisi penting bagi anak usia 6-23 bulan. ASI diketahui menyediakan setengah atau lebih dari kebutuhan energi anak antara usia 6-12 bulan, dan sepertiga dari kebutuhan energi antara 12-24 bulan. Selain itu, ASI ternyata juga menjadi sumber energi dan nutrisi penting selama sakit, serta mengurangi risiko kematian pada anak-anak yang kekurangan gizi.

Manfaat pemberian ASI lainnya, yakni anak-anak serta remaja yang disusui saat bayi cenderung tidak kelebihan berat badan atau obesitas. Selain itu, mereka juga tampil lebih baik dalam tes kecerdasan dan memiliki kehadiran sekolah yang lebih tinggi karena punya antibodi yang lebih bagus.

Bunda ingin tahu manfaat menyusui lainnya bagi si kecil? Klik di halaman selanjutnya ya.

Temukan inspirasi ASI booster biar menyusui semakin lancar, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Tanaman Hias Alokasia



MANFAAT ASI UNTUK SI KECIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi