sign up SIGN UP search


menyusui

Kunci Keberhasilan Ibu Menyusui Beri ASI Eksklusif 6 Bulan

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 19 Feb 2021 18:08 WIB
Young mother, breastfeeding on sunset on quiet evening her little baby boy in sunny living room caption

Permasalahan menyusui memang seringkali membuat para ibu stres. Karenanya, dibutuhkan manajemen laktasi yang dapat membantu busui dalam mengelola proses menyusui yang dilewatinya.

Manajemen laktasi merupakan upaya yang dilakukan untuk membantu ibu mencapai keberhasilan dalam menyusui bayinya. Penerapan manajemen laktasi pun sebaiknya dilakukan sejak awal kehamilan hingga proses menyusui berlangsung.

Dalam manajemen laktasi, berbagai hal mengenai proses menyusui pun perlu dipelajari para ibu menyusui seperti mengetahui seluk beluk ASI eksklusif, teknik menyusui, memeras ASI, dan lainnya.


Menurut Nadine Rosenblum, koordinator program laktasi perinatal di The Johns Hopkins Hospital menerangkan bahwa masih banyak kesalahpahaman tentang menyusui dan kurangnya dukungan secara umum. Sehingga, banyak ibu yang berhenti menyusui atau menambahkan susu formula ketika mereka tidak perlu melakukannya, seperti dikutip dari laman Hopkinsmedicine.

"Selama kehamilan, sistem kekebalan bayi mempersiapkan diri untuk sumber makanan unik yang diproduksi ibunya yang dinamakan ASI. Itulah yang diharapkan tubuh bayi untuk dikonsumsi dan dimanfaatkan secara paling efektif," kata Rosenblum.

Dilanjutkan Rosenblum bahwa ASI bukanlah zat yang homogen. Ratusan nutrisi telah diidentifikasi dalam ASI, dan para peneliti masih menemukan banyak lagi. Kombinasi ini pun bersifat dinasi dan berubah berdasarkan kebutuhan bayi setiap harinya, pada setiap makanan dan setiap tahap kehidupan.

Banner Resep Telur

Jika udara di luar panas, ASI akan memiliki kandungan air yang lebih tinggi untuk menjaga bayi tetap terhidrasi. Jika bayi sedang dalam masa pertumbuhan, ASI juga akan memiliki lebih banyak protein dan lemak. Diet khusus ini mendorong pertumbuhan perkembangan bayi dan membantu sistem kekebalan bayi. 

Nah, dengan sederet keunikan dan manfaat yang ada di balik pemberian ASI, tentu saja Bunda tidak perlu khawatir kalau pemberian ASI tidak akan mencukupi kebutuhan gizi buah hati. Sebab, ASI memang telah didesain sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan bayi dengan segala limpahan nutrisi yang dikandungnya.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak tips menyusui lainnya di video berikut, Bun:

[Gambas:Video Haibunda]

TIPS SUKSES ASI EKSKLUSIF 6 BULAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi