sign up SIGN UP search


menyusui

Bahaya Merokok Bagi Bunda yang Menyusui

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 02 Mar 2021 11:50 WIB
Mother breastfeeding her baby boy in arms, sitting on bed. caption

Merokok tidak memberikan dampak positif apapun bagi kesehatan, apalagi bagi Bunda yang menyusui. Mereka yang hanya terkena paparan asap rokok secara tidak langsung pun bisa terancam kesehatannya, bagaimana dengan Si Kecil yang Bunda susui, ya?

Bunda mungkin mengkhawatirkan soal ini jika Bunda merokok. Lebih lanjut, beberapa pakar mengemukakan pendapatnya soal ini, Bun.

Melansir Hindustan Times, merokok dapat memengaruhi proses menyusui bagi Bunda. Kebiasaan menyusui dapat dipengaruhi oleh paparan asap rokok, dan Bunda yang merokok biasanya cenderung berhenti menyusui lebih cepat daripada Bunda yang tidak terkena paparan rokok, seperti ditemukan dalam sebuah penelitian.


"Penelitian menunjukkan bahwa hanya berada di dalam rumah tangga yang merokok, baik itu Ayah, Bunda, atau anggota keluarga besar, mengurangi waktu seorang anak disusui," kata Profesor Marie Tarrant, Director of UBC Okanagan School of Nursing. 

Faktanya, semakin banyak perokok di rumah maka semakin pendek durasi menyusui. Temuan tersebut konsisten dengan penelitian sebelumnya yang juga menemukan bahwa paparan perokok rumah tangga juga memiliki efek negatif yang substansial pada praktik menyusui, kata Tarrant.

"Lebih dari sepertiga peserta memiliki pasangan atau anggota rumah tangga lain yang merokok. Ayah yang merokok secara signifikan lebih kecil kemungkinannya untuk memilih menyusui bila dibandingkan dengan pasangan yang bukan perokok," tambah Tarrant.

Banner tips diet

Perlu Bunda tahu, nikotin dapat ditularkan melalui ASI kepada anak dan hal tersebut dapat mengurangi jumlah ASI secara keseluruhan. Ada juga kekhawatiran tentang paparan lingkungan dari perokok pasif pada anak.

"Penelitian menunjukkan bahwa pasangan perokok dapat memengaruhi keputusan seorang Bunda untuk berhenti menyusui dan bahwa rumah tangga yang merokok sangat terkait dengan durasi menyusui yang lebih pendek," imbuh Tarrant.

Baca halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video pilihan berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



BAGAIMANA ROKOK MEMBAHAYAKAN SI KECIL?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi