sign up SIGN UP search


menyusui

Sukseskan Bunda Menyusui, Ini 5 Cara Jadi Breastfeeding Fathers

Annisa Karnesyia Selasa, 02 Mar 2021 09:32 WIB
Ibu menyusui caption
Jakarta -

Menyusui bukan cuma melibatkan Bunda dan si Kecil ya. Salah satu kunci keberhasilan menyusui adalah kehadiran seorang ayah.

Breastfeeding fathers atau 'ayah menyusui' adalah istilah yang cocok untuk menggambarkan hal tersebut. Istilah ini merujuk pada peran ayah dalam mengasuh buah hatinya demi kelancaran istri menyusui.

Dokter spesialis anak dari Rumah Sakit St. Carolus, dr.Utami Roesli, SpA, mengatakan bahwa dukungan dan kesepakatan suami adalah salah satu faktor penting dalam menyusui. Ayah dianggap memiliki kekuatan yang bisa membantu tumbuh dan kembang anaknya.


"Ayah adalah peran utama di keluarga. Ayah memiliki power untuk keberhasilan menyusui ibu dan perkembangan anaknya," wanita yang akrab disapa Tami ini, beberapa waktu lalu.

Bunda pasti senang ya melihat Ayah ikut membantu mengurus anak? Nah, tanggung jawab ini nantinya juga bisa bikin kita merasa nyaman.

Banner tips diet

Terkadang para ayah khawatir akan tersisih jika istrinya memutuskan untuk menyusui. Namun, merawat bayi itu melibatkan lebih dari sekedar menyusui saja lho.

Dukungan penuh dan kasih sayang dari suami adalah salah satu faktor penting yang membuat wanita mau untuk menyusui. Penelitian menunjukkan bahwa ketika seorang ibu mendapat dukungan dan dorongan dari pasangannya, dia lebih mungkin berhasil dalam menyusui untuk jangka waktu yang lama.

Memiliki dukungan juga membuat Bunda lebih mudah untuk bertahan, meski dalam kondisi kelelahan. Dukungan yang berharga bahkan membantu Bunda melewati masalah menyusui yang sulit dihadapi.

Ayah bisa mulai menjadi breastfeeding fathers dan partner Bunda segera setelah bayi lahir ya. Dilansir berbagai sumber, berikut cara menjadi breastfeeding fathers:

1. Melakukan persiapan

Ayah perlu mempelajari semua hal yang berkaitan dengan proses menyusui. Jangan malu untuk mencari tahu manfaat menyusui bagi Bunda dan sang buah hati.

Bila perlu, Ayah dapat ikut kelas menyusui dengan Bunda. Saat konsultasi ke dokter atau pakar laktasi, Ayah juga bisa ikut untuk mendapatkan informasi seputar menyusui.

Untuk tahu tips lainnya, baca di halaman selanjutnya ya.

Simak juga tips memperbanyak ASI saat menstruasi, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

SIAP SIAGA DAN JADI BERMANFAAT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi