sign up SIGN UP search

menyusui

Bunda, Ini Alasan Menyusui Membuat Sering Berkeringat di Malam Hari

Annisa Karnesyia Minggu, 07 Mar 2021 16:07 WIB
Menyusui caption
Jakarta -

Bunda sering berkeringat saat menyusui di malam hari? Rasa gerah karena berkeringat memang bisa dialami saat Bunda baru menyusui buah hati yang baru lahir.

Kondisi ini sering disebut keringat malam pasca persalinan. Faktor hormonal memegang kendali besar terhadap munculnya keringat di malam hari, Bunda.

"Gejala-gejala ini muncul akibat dari perubahan hormonal yang terjadi setelah melahirkan," kata Dara Matseoane-Peterssen, kepala obgyn di New York-Presbyterian Allen Hospital, dilansir Parents.


Selama kehamilan, kadar estrogen dan progesteron Bunda akan meningkat. Nah, setelah melahirkan, kadar kedua hormon ini akan turun.

"Kadar estrogen yang rendah ini menyerupai kondisi saat menopause. Beberapa wanita akan mengalami perubahan suasana hati, vagina yang mengering, dan keringat malam," ujar Matseoane-Peterssen.

Kondisi serupa juga terjadi pada Bunda yang menyusui nih. Ibu menyusui memiliki tingkat estrogen yang lebih rendah dan membuat Bunda rentan berkeringat di malam hari setelah melahirkan.

Matseoane-Peterssen menambahkan, Bunda menyusui juga mengalami peningkatan kadar hormon prolaktin yang diperlukan untuk menyusui. Fungsi hormon ini juga bisa menjaga kadar estrogen tetap rendah dalam tubuhnya.

Sementara itu, menurut dokter obgyn Heather Beall, MD, alasan ibu menyusui berkeringat di malam hari karena Air Susu Ibu (ASI) eksklusif memengaruhi hormon. Selain itu, ASI juga menekan ovulasi dan menstruasi.

"Kondisi ini seperti menopause, sehingga gejalanya hampir sama pada ibu menyusui," ujar Beall.

Meski terbilang normal, Bunda enggak perlu khawatir jika tidak berkeringat di malam hari ya. Tidak semua Bunda menyusui mengalami kondisi ini setelah melahirkan.

Kebanyakan Bunda yang memilih untuk memberi susu formula pada bayinya tidak akan berkeringat di malam hari. Kondisi ini terjadi karena siklus menstruasi kembali dalam beberapa bulan pertama setelah melahirkan.

Lalu berapa lama keringat muncul di malam hari pada Bunda yang menyusui? Penjelasan lengkap di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga tips membuat bayi sendawa setelah menyusui, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

LAMA IBU MENYUSUI BERKERINGAT DI MALAM HARI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi