sign up SIGN UP search


menyusui

Bayi Menyusu ASI Tapi Berat Badan Tak Naik? Ini 5 Penyebabnya Bun

Annisa Karnesyia Sabtu, 06 Mar 2021 11:51 WIB
Ibu menyusui caption
Jakarta -

Berat badan bayi yang menyusu Air Susu Ibu (ASI) sering menjadi patokan standar kesehatannya. Tak jarang ada Bunda yang khawatir jika berat badan anaknya tak naik saat diberi ASI eksklusif.

Seperti kita tahu ya, ASI eksklusif dianjurkan untuk diberikan pada bayi usia 0 sampai 6 bulan. ASI mengandung semua nutrisi penting untuk tumbuh kembang bayi dan memberikan antibodi dari penyakit.

Menurut konsultan laktasi Kelly Bonyata, BS, IBCLC, normalnya berat badan bayi yang menyusu ASI memang cepat naik dibandingkan bayi yang minum susu formula. Terutama selama 2 sampai 3 bulan pertama kehidupannya.


Banner 5 Tanaman Hias Indoor Penghilang Debu

"Penelitian menunjukkan bahwa bayi yang minum ASI lebih kecil kemungkinan tumbuh menjadi anak-anak atau orang dewasa yang mengalami obesitas dibandingkan bayi yang minum susu formula," kata Bonyana, dilansir Kelly Mom.

Sebagian besar bayi yang diberikan ASI akan bertambah berat badannya dalam pola yang konsisten. Namun, berat badan bayi menyusu ASI juga bisa saja bertambah secara perlahan atau tidak konsisten, Bunda.

Nah, nutrisi yang cukup penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Inilah yang perlu diperhatikan Bunda saat menyusui si Kecil.

Dikutip dari Very Well Family, bayi baru lahir yang menyusu ASI dapat kehilangan hingga 10 persen dari berat lahir mereka selama lima hari pertama kehidupan. Saat bayi berusia sepuluh hari hingga dua minggu, berat badan mereka akan kembali turun. Nah, selama tiga bulan setelahnya, berat bayi akan bertambah sekitar satu ons per hari.

"Tentu saja setiap bayi baru lahir itu berbeda dan beberapa di antaranya tumbuh lebih lambat dari yang lain. Selama bayi menyusu dengan baik dan diperiksa dengan tepat, kenaikan berat badan yang lebih lambat mungkin tidak menjadi masalah," ujar perawat Donna Murray, RN, BSN.

Berat badan bayi menyusu tampak kurus memang bisa bikin khawatir ya, Bunda. Lalu apa sebenarnya penyebab masalah ini? Simak di halaman selanjutnya ya.

Simak juga tips perbanyak ASI saat menstruasi, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

PELEKATAN BURUK HINGGA JARANG MENYUSU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi