sign up SIGN UP search


menyusui

ASI Booster Alami untuk Ibu Menyusui yang Puasa Ramadhan

Annisa Karnesyia Minggu, 04 Apr 2021 12:38 WIB
Muslim caption
Jakarta -

Menyusui sambil menjalankan puasa Ramadhan tentu bukan hal mudah ya, Bunda. Meski begitu, Bunda tetap bisa menjalankan ibadah ini dengan lancar kok.

Menurut dr.Meutia Ayuputeri, IBCLC, CIMI, dari RS Pondok Indah, berpuasa saat menyusui tetap bisa dilakukan. Asalkan, kondisi tubuh fit dan Bunda yakin bisa menjalankannya.

"Hal yang pertama sih harus pede dulu ya. Jadi mindset 'Saya bisa berpuasa sambil menyusui atau ketika saya menyusui tetap puasa', itu yang harus ditanamkan di benak. Kemudian, pastikan kondisi fit, jiwa dan raga," kata Meutia dalam Live Instagram bersama HaiBunda, beberapa waktu lalu.


Banner Rumput Fatimah

"Kalau raga itu kita pastikan asupan cairan dan kalori cukup untuk tubuh. Kalau jiwa ya mindset-nya tadi itu," sambungnya.

Bunda yang memiliki kondisi medis, seperti darah tinggi dan diabetes, sebaiknya konsultasi ke dokter bila ingin berpuasa saat menyusui. Bila penyakit ini tidak memengaruhi kondisi tubuh, puasa bisa saja dijalankan.

Menyusui membutuhkan banyak energi ya. Untuk itu, Bunda harus memenuhi asupan makanan di waktu sahur dan berbuka puasa.

Salah satu yang bisa menjadi ASI booster adalah memenuhi cairan tubuh. Apabila kurang minum, kadar cairan akan ikut berkurang, dan produksi ASI bisa terasa menyusut.

"Puasa yang berpengaruh itu cairan tubuh. Asupan minum kurang, pasti akan kadar cairan berkurang, dan terasa di produksi ASI. Untuk menyiasatinya, pastikan asupan cairan yang cukup," ujar Meutia.

Meutia menyarankan Bunda menyusui mengonsumsi paling tidak 10 gelas per hari. Porsi minum bisa dibagi saat sahur dan berbuka puasa.

"Paling tidak 10 gelas per hari. Aturan 2 gelas, 2 gelas. Minum 2 gelas pas waktu sahur, 2 gelas sebelum waktu sahur selesai atau menjelang imsak. Kemudian setelah berbuka minum 2 gelas, setelah makan malam minum lagi 2 gelas, dan sebelum tidur 2 gelas," katanya.

Bila Bunda ingin menambah minum air putih di waktu malam hari, dipersilahkan ya. Perlu diingat, Bunda menyusui setidaknya minum minimal 10 gelas per hari selama puasa.

Selain minum, sering menyusui si Kecil juga bisa menjadi ASI booster selama puasa lho. Baca halaman berikutnya untuk penjelasan yang lebih lengkap ya.

Simak juga resep smoothies untuk ASI booster, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

SERING MENYUSU BISA JADI ASI BOOSTER
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi