sign up SIGN UP search


menyusui

Tips Memenuhi Asupan Nutrisi Ibu Menyusui yang Puasa Ramadhan

Annisa Karnesyia Jumat, 02 Apr 2021 13:32 WIB
Muslim caption
Jakarta -

Menyusui tidak menjadi kendala bagi Bunda untuk menjalankan ibadah puasa ya. Namun, kondisi tubuh dan pola makan harus diperhatikan selama puasa.

Jangan sampai Bunda menyusui turun berat badan atau mengalami dehidrasi selama puasa. Bunda dengan kondisi tersebut dapat mempertimbangkan untuk tidak berpuasa.

"Jika ada penurunan berat badan sedikit, untuk puasa berikutnya lagi harus diperhatikan asupannya. Harus ditambah lagi cairan, karbohdrat, protein, dan lemak yang cukup. Kalau ibu dalam kondisi fit, bisa tetap lanjutkan puasa," kata konselor ASI, dr. Ameetha Drupadi, CIMI, dalam Live Instagram HaiBunda, beberapa waktu lalu.


Menurut Ameetha, berpuasa saat menyusui sebenarnya tidak berpengaruh pada produksi ASI. Namun, kualitasnya memang bisa berbeda, Bunda.

Banner zaskia sungkar melahirkan

Ketika Bunda berpuasa itu, lemak dalam makanan yang harusnya tersedia untuk membentuk ASI akhirnya berkurang. Nah, cadangan lemak Bunda lah yang akhirnya digunakan untuk membentuk ASI ini.

Makanan Bunda menyusui yang puasa

Selama puasa Ramadhan, Bunda yang menyusui membutuhkan 2.600 sampai 2.800 kalori. Kebutuhan ini bisa dipenuhi dari makanan yang dikonsumsi selama dua kali waktu makan.

"Ibu menyusui membutuhkan 2.600 sampai 2.800 kalori. Kalau ibu menyusui bisa mencukupi nutrisinya, diperbolehkan berpuasa," ujar Ameetha.

Pola makan selama menyusui baik puasa atau tidak tetaplah sama. Bedanya waktu makan yang sebelumnya tiga kali sehari, dikurangi menjadi dua kali dengan porsi yang sama.

Bila Bunda merasa kuat dan kebutuhan kalori terpenuhi, puasa tetap bisa dijalankan. Sebaliknya, bila Bunda menjadi lemas hingga dehidrasi, sebaiknya tidak usah berpuasa dan menggantinya di hari lain.

Lalu bagaimana tips mengatur pola makan ibu menyusui yang puasa? Apa pula menu makan yang tepat?

Baca halaman berikutnya ya.

Simak juga cara mengatasi mastitis selama menyusui, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

ASUPAN NUTRISI BUNDA MENYUSUI YANG PUASA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi