sign up SIGN UP search


menyusui

Benarkah Pola Makan Ibu Menyusui Bisa Sebabkan Bayi Sembelit?

Annisa Karnesyia Minggu, 28 Mar 2021 16:51 WIB
Ibu menyusui caption
Jakarta -

Penyakit sembelit bisa terjadi pada bayi yang menyusu, Bunda. Kondisi ini dapat mengganggu saluran cerna dan bikin si Kecil rewel.

Menurut dokter anak, Vincent Iannelli, MD, bayi yang disusui seringkali sulit buang air besar. Meski feses mereka tampak lembut, ini bisa menjadi bukti penumpukan selama berhari-hari tidak buang air besar.

"Pada bayi yang mendapatkan ASI eksklusif dan berat badan naik secara normal, kondisi ini biasanya normal. Selama itu semua tidak menimbulkan sakit, orang tua tidak perlu khawatir," kata Iannelli, dilansir Very Well Family.


Banner Susuk Suami

Bayi menyusu dianggap mengalami sembelit kalau feses mereka keras, berbentuk butiran kecil atau besar, dan sulit dikeluarkan. Padahal, belum tentu ini menjadi tanda sembelit lho.

Bayi yang mendapat ASI eksklusif jarang mengalami sembelit, Bunda. Namun, ada beberapa kondisi yang menyebabkan bayi menyusu tidak normal buang air besar dan mengalami sembelit.

Bayi yang menunda mekonium (feses pertama bayi) selama beberapa hari pertama usai lahir, dapat mengalami sembelit meski jarang terjadi. Tanda penyakit Hirschsprung ini biasanya muncul menjelang akhir bulan pertama kehidupannya.

Selain itu, jarang buang air besar dalam beberapa minggu atau bulan pertama anak lahir juga bisa menjadi tanda tidak cukup ASI. Berat badan bayi sembelit kemungkinan tidak naik atau malah menurun.

"Dalam situasi ini, bayi kemungkinan besar mengalami penurunan berat badan atau tidak akan bertambah berat badannya dengan baik. Feses yang jarang keluar juga akan disertai dengan popok basah yang sedikit," ujar Iannelli.

Selain tak cukup ASI, penyebab sembelit pada bayi menyusu bisa karena stres atau infeksi, Bunda. Kekhawatiran juga muncul pada kandungan ASI yang bisa terkontaminasi makanan yang dikonsumsi sang ibu.

Lalu apakah pola makan Bunda menyusui bisa menyebabkan sembelit pada bayi? Selengkapnya bisa Bunda baca di halaman berikutnya ya.

Simak juga cara pijat bayi agar lancar BAB, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

POLA MAKAN IBU MENYUSUI SEBABKAN SEMBELIT PADA BAYI?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi