sign up SIGN UP search


menyusui

4 Sayuran yang Bagus Dikonsumsi Selama Menyusui, Bisa Lancar ASI Juga

Meita Fajriana Selasa, 11 May 2021 08:07 WIB
Young woman holding her sleeping baby in the kitchen caption

Jakarta - Saat  menyusui, Bunda pasti ingin memilih makanan terbaik, karena dapat berpengaruh pada kesehatan sang buah hati. Bunda tentu tak keberatan mengubah menu makanan demi memenuhi nutrisi Si Kecil. Dari makanan yang Bunda konsumsi, akan membantu memenuhi kebutuhan gizi bayi. 

Salah satu bahan makanan sehat yang wajib Bunda konsumsi selama menyusui adalah sayuran. Hampir semua sayuran mengandung vitamin dan nutrisi yang tidak hanya baik untuk Si Kecil namun juga bagi tubuh Bunda. Dengan rutin mengonsumsi sayuran saat menyusui, akan meningkatkan energi dan memperlancar produksi ASI lho Bunda. 

Seperti dilansir dari laman Medical News Today, ibu menyusui eksklusif membutuhkan 3 gelas sayuran setiap harinya. Sementara untuk kombinasi ASI dan susu formula butuh sebanyak 2,5 gelas sayuran per hari. Mengkonsumsi sayur dalam jumlah yang cukup akan membantu tubuh mengisi kembali nutrisi yang dibutuhkan untuk memproduksi ASI.


Sayuran membuat tubuh lebih sehat. Jika tubuh sehat, Bunda tidak perlu khawatir menghitung nutrisi yang masuk dalam tubuh, karena pola makan seimbang yang dilengkapi sayuran. Bunda tetap bisa makan dengan nyaman meski sedang menyusui, disarankan untuk tidak memulai diet saat 6 bulan pertama menyusui ya Bunda. 

"Jika Bunda sehat, tidak perlu menghitung nutrisi makro dan mikro saat menyusui. Diet seimbang dengan sayuran sudah mengandung nutrisi dan vitamin cukup dalam sayuran, " kata Dana Henry RDN, Ahli Gizi Ibu Hamil dan Menyusui dari Universitas Virgian, dikutip dari laman Romper

Bunda bisa memastikan sayuran yang dikonsumsi mengandung gizi yang dibutuhkan tubuh selama menyusui. Berikut sayur-sayuran yang baik dikonsumsi Bunda saat menyusui yang dipercaya bisa melancarkan produksi ASI. Simak penjelasannya ya Bunda. 

1. Selada

Selada adalah sayuran yang rendah kalori dan mengandung air yang banyak. Tentunya ini sangat baik untuk memperlancar produksi ASI tanpa takut berat badan naik drastis. Selain itu selada juga mengandung zat besi yang baik untuk Bunda dan Bayi. Zat besi dapat mencegah anemia bagi Bunda dan baik untuk kecerdasan otak Si kecil. 

2. Paprika

Sebanyak 93,9 persen dari kandungan paprika adalah air. Sementara air sangat baik untuk ibu menyusui loh Bunda. Selain itu sayuran ini juga rendah kalori serta mengandung vitamin A dan C, asam folat, kalium, dan serat.

Temukan penjelasan mengenai sayuran lainnya di halaman berikutnya ya Bunda.

Simak juga yuk cara memperbanyak ASI saat sedang menstruasi seperti dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



SAYURAN YANG BAIK DIKONSUMSI IBU MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi