sign up SIGN UP search


menyusui

5 Tips Memulai Memompa ASI Kembali, Pijat Payudara Yuk Bun

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 10 Jun 2021 15:59 WIB
Mothers breast milk is the most healthy food for newborn baby caption

Jakarta - Tak sedikit Bunda menyusui terpaksa berhenti memompa ASI karena berbagai alasan. Alhasil, saat ingin memulai kembali memompa ASI, mereka merasa tidak percaya diri karena merasa ASI mengering.

Ya, jeda tersebut memang membuat perjuangan menyusui seperti terhenti dan Bunda perlu mulai dari nol kembali. Sehingga, tak sedikit dari para Bunda yang merasa kesulitan memulainya dari nol kembali.

Meski demikian, Bunda menyusui tidak perlu khawatir karena memulai kembali memompa ASI bukanlah hal sulit asalkan Bunda tetap bersemangat melewatinya. Hal itu bisa terlewati asalkan Bunda menyiapkan tekad, ketekunan, dan semangat yang kuat. 


Kuncinya ialah memiliki ekspektasi yang realistis, mempelajari beberapa trik untuk meningkatkan peluang untuk sukses, dan tetaplah percaya diri pada kemampuan yang Bunda miliki, seperti dikutip dari laman Healthline.

Dalam upaya adaptasi memulai kembali memompa ASI tentu saja setiap tubuh akan memberikan reaksi yang berbeda satu sama lain. Namun, Bunda akan melihat beberapa hasil awal dalam waktu sekira 2 minggu setelah mencoba. 

Beberapa ahli percaya bahwa jumlah waktu yang dibutuhkan untuk berhubungan sama dengan berapa lama sejak Bunda berhenti melakukannya. 

"Berdasarkan penelitian yang ada, relaktasi penuh membutuhkan waktu rata-rata sekira 1 bulan bagi kebanyakan orang," ujar Nancy Mohrbacher, IBCLC, seorang konsultan laktasi.

Tips untuk mendorong kesuksesan memulai kembali memompa ASI setelah berhenti yakni pastikan diri Bunda tetap optimistis bahwa ASI tidak akan berkurang. Serta, percayalah bahwa menyusui merupakan proses yang hangat, fleksibel, dan lancar. Serta, prosesnya akan lebih mudah daripada yang Bunda pikirkan sebelumnya untuk membuatnya berjalan kembali.

Berikut ini beberapa tips memulai kembali memompa ASI yang dapat Bunda praktikkan, seperti dikutip dari laman Today's Parent:

1. Bisa berjalan lambat dan membutuhkan waktu

Pada awalnya, prosesnya mungkin cukup memakan waktu karena Bunda perlu memompa, menyusui, dan menyesuaikan kebutuhan bayi Bunda. Mungkin juga akan diperlukan beberapa minggu untuk membangun persediaan ASI sepenuhnya bahkan terkadang lebih lama jika Bunda memiliki masalah seperti abses payudara.

Langkah selanjutnya klik di halaman berikut ya, Bunda.

Simak juga yuk ASI Booster Whulandary Herman dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



BERIKAN STIMULUS PADA PAYUDARA SAAT RELAKTASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi