sign up SIGN UP search

menyusui

5 Tips Mengatasi Stres saat Bunda Memompa ASI di Rumah dan Kantor

Siti Masitoh   |   Haibunda Senin, 07 Nov 2022 14:15 WIB
Ilustrasi pompa ASI elektrik caption
Jakarta -

Dalam kehidupan, hampir semua merasakan stres. Pemicu dari timbulnya stress pada setiap orang pun berbeda-beda. Bunda baru pun kerap mengalami stres di hidupnya. Sebenarnya, merasa stres adalah hal normal.

Namun, jika itu berlangsung dalam jangka panjang, bisa memperburuk masalah kesehatan. Misalnya, gangguan pencernaan, sakit kepala, dan masalah tidur. Bahkan bisa dikaitkan dengan depresi, kecemasan, dan kondisi kesehatan mental lainnya.

Khususnya saat Bunda sedang dalam masa menyusui Si Kecil. Stres akan berpengaruh besar pada produksi ASI yang dihasilkan yang dihasilkan tubuh. Tentu ini pada akhirnya juga berpengaruh pada suplai dan kualitas ASI.


Untuk busui yang menyetok ASI perah, produksi ASI tentu sangatlah penting supaya stoknya tercukupi untuk Si Kecil. Untuk itu, berikut beberapa tips mengatasi stres saat Bunda saat memompa ASI, terutama untuk para Bunda pekerja yang melakukannya di kantor.

Cara mengatasi stres saat memompa ASI

1. Pergi dari tempat kerja

Bunda menyusui yang harus kembali bekerja mungkin akan terdistraksi jika memompa selama hari kerja, terutama jika berbarengan harus menjawab email dan menerima panggilan. Coba gunakanlah waktu istirahat untuk mempompa selama 20 menit, eperti dikutip dari Nebmedical.

Gunakan waktu itu untuk memompa sambil bersantai, membaca buku, membolak-balik majalah atau menonton beberapa konten lucu di YouTube.

2. Dapatkan rasa nyaman

Bunda bisa cari tempat yang nyaman untuk memompa seperti fasilitas nursery room. Jika memang tidak ada, Bunda bisa memilih untuk memompa di dalam mobil sambil mendengarkan musik.

Jangan lupa untuk menyesuaikan suhu dan makan siang juga. Namun, jika Bunda memompa di rumah, pilih tempat khusus memompa untuk diri sendiri yang terasa nyaman dan dekat dari pengisi daya ponsel, meja untuk makanan ringan dan air.

3. Mencium aroma menyenangkan

Penelitian menunjukkan bahwa dengan mencium beberapa aroma, seperti lavender, sage, melati, dan lainnya bisa membantu mengurangi kecemasan dan stres. Jika kantor Bunda mengizinkan, coba nyalakan lilin atau memasukkan minyak esensial ke dalam diffuser.

4. Pijat diri sendiri

Untuk mencairkan rasa letih dan menenangkan diri adalah dengan memijat diri sendiri. Menggosok bahu atau tulang selangka bisa membantu melepaskan oksitosin dan membantu Bunda menjadi rileks.

Selain itu, Bunda juga bisa menghabiskan waktu satu sampai dua menit untuk memijat payudara sendiri. Mulai dari daerah dekat ketiak dan terus ke arah putting susu.

5. Hindari melihat botol ASI

Bunda yang sedang memompa mungkin sering melihat sudah berapa banyak ASI yang ada di dalam botol. Tapi, lebih baik jangan terlalu sering melihatnya. Percaya saja kepada tubuh bahwa mampu melakukan apa yang perlu dilakukan.

Memompa ASI tentu sangat bermanfaat untuk Bunda dan Si Kecil, terutama untuk memberikan ASI secara eksklusif. "Saat jauh dari bayi atau jika Anda memompa ASI secara eksklusif, cobalah untuk memompa sesering bayi Anda minum ASI. Ini akan membantu mengingatkan tubuh Anda untuk terus membuat jumlah susu yang dibutuhkan bayi Anda." demikian bunyi penjelasan CDC dikutip dalam laman resminya.

Kita lanjut ke halaman berikutnya yuk Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang cara agar Si Kecil anteng saat Bunda memompa ASI.

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MENGATASI STRES SAAT MEMOMPA ASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!