sign up SIGN UP search


parenting

Menghitung Berat Badan Ideal Bayi di Tahun Pertama, Apakah Si Kecil Sesuai?

Meita Fajriana Kamis, 27 May 2021 17:51 WIB
Baby sleeps on mother's hands and morning sun caption

Jakarta - Berat badan bayi adalah indikator penting untuk kesehatan dan kecerdasannya lho, Bunda. Jadi pantau terus dan jangan lengah ya. Jika Bunda belum tahu cara menghitung berat badan ideal bayi, bisa melihat cara yang akan Bubun jelaskan berikut ini. 

Berat bayi yang berada dalam rentang normal akan tumbuh lebih baik dan sehat. Jangan lupa untuk rutin membawa bayi ke dokter atau posyandu untuk diukur berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala bayi. Selama semua hasilnya normal, tumbuh kembang bayi akan berjalan optimal. Tentu Bunda ingin Si Kecil tumbuh sehat dan cerdas bukan? 

Melansir dari laman Healthline, berdasarkan data World Health Organization (WHO), terdapat perbedaan berat badan ideal untuk bayi laki-laki dan perempuan. Bayi laki-laki sedikit lebih berat dibandingkan bayi perempuan. 


"Jika membandingkan bayimu dengan bayi orang lain hanya akan membuat cemas. Lihatlah saja apakah sesuai dengan panduan atau tidak. Selain itu rutin cek perkembangannya ke dokter," kata Sarah Rahal dokter pediatri neurologi di New York dikutip dari Verry Well Family. 

Memantau berat badan ideal bayi sangatlah penting Bunda. Jadi Bunda bisa dengan sigap mengatasi permasalahan kesehatan pada anak jika ada tanda-tanda seperti turun atau stuck-nya berat badan bayi. 

Nah, yuk coba menghitung berat badan bayi Bunda. Apakah berat badan bayi Bunda sudah ideal dan normal. Ingat ya Bunda masing-masing bayi itu unik dan berbeda, namun Bunda bisa jadikan ini sebagai patokan. Berikut rentang berat badan bayi di 12 bulan pertamanya: 

1. Dua minggu pertama

Bayi baru lahir biasa akan turun beberapa ratus gram, namun jangan khawatir Bunda, setelah dua minggu pastikan berat badan Si Kecil sudah kembali seperti berat lahirnya. 

2. Satu bulan

Kebanyakan bayi akan bertambah sekitar 450 gram dari berat lahir mereka pada bulan pertama. Pada usia ini, bayi tidak hanya tidur saja, mereka mulai mengembangkan pola makan yang teratur, dan isapan yang lebih kuat saat menyusu.

Berat badan bayi ideal di bulan selanjutnya cek di halaman berikut!

Simak juga yuk tips merawat bayi baru lahir dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



BERAT BADAN IDEAL BAYI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi