sign up SIGN UP search


menyusui

Ibu Menyusui Konsumsi Pemanis Buatan, Aman Enggak Ya Bun?

Annisa Karnesyia Senin, 21 Jun 2021 14:35 WIB
Bowl and spoon with pure sugar on wooden board caption
Jakarta -

Pemanis buatan dapat menjadi alternatif untuk menambah cita rasa makanan yang hambar. Lalu apa pemanis buatan aman dikonsumsi Bunda yang lagi menyusui ya?

Secara umum, ada beberapa jenis pemanis buatan yang tidak disarankan untuk dikonsumsi selama kehamilan. Kandungannya bisa meningkatkan risiko diabetes dan penurunan kemampuan hati untuk menangani racun dalam tubuh.

Meski begitu, secara umum konsumsi pemanis buatan selama menyusui tergolong aman. Asalkan Bunda tidak mengonsumsinya terlalu banyak.


"FDA (Food and Drug Administration) mengklasifikasikan pemanis buatan sebagai bahan makanan yang aman. Jika seorang ibu ingin menggunakannya dalam jumlah sedang, maka dia perlu membaca label kemasan," kata perawat dan spesialis laktasi, Andrea Tran RN, MA, IBCLC, dilansir Parentology.

Ada beberapa jenis pemanis buatan yang Bunda perlu tahu keamanannya nih. Melansir dari What to Expect dan Kelly Mom, berikut 5 jenisnya:

1. Aspartam

Menurut FDA, aspartam aman digunakan selama kehamilan dan menyusui. Thomas W. Hale dalam buku Medications and Mother's Milk menjelaskan bahwa kadar aspartam yang ditemukan dalam ASI rendah bila Bunda mengonsumsinya.

Namun, Bunda perlu konsultasi ke dokter bila bayi didiagnosis mengalami PKU (phenylketonuria) ya. Konsumsi aspartam dapat menjadi kontraindikasi pada bayi dengan kondisi tersebut.

2. Sukralosa

Hingga kini, penelitian terkait efek sukralosa pada Bunda menyusui masih sedikit. Menurut Hale, sukralosa kurang diserap di saluran cerna dan tidak berubah saat dibuang melalui urin.

Meski begitu, FDA menganggap sukralosa aman digunakan selama menyusui. Bahan pemanis buatan ini juga aman dikonsumsi pada Bunda hamil dalam jumlah yang tidak berlebihan.

Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga tips memperbanyak ASI saat menstruasi, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

JENIS-JENIS PEMANIS DAN KEAMANANNYA BAGI BUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi