sign up SIGN UP search


parenting

Catat Bun, 10 Mitos Perawatan Bayi Baru Lahir yang Enggak Benar

Annisa Karnesyia Kamis, 18 Feb 2021 14:20 WIB
ilustrasi bayi baru lahir caption
Jakarta -

Merawat bayi baru lahir bisa menjadi tantangan bagi orang tua. Apalagi, jika si kecil adalah anak pertama yang hadir di keluarga.

Menurut dokter anak, Dr. Arti Sharma, semua orang tua pasti ingin merawat bayinya dengan cara terbaik. Tak sedikit orang tua yang mendengarkan saran teman dan keluarga dalam mengurus buah hatinya, Bunda.

"Beberapa bahkan mempercayai mitos dari orang tua dan berpikir bahwa mitos itu berguna untuk bayinya," kata Sharma, dilansir Parenting Firstcry.


Bunda enggak boleh langsung percaya dengan mitos ya. Sebelum benar-benar menerapkannya saat merawat anak, cari tahu dulu kebenarannya.

Nah, berikut telah HaiBunda rangkum 10 mitos perawatan bayi lahir yang salah, seperti mengutip berbagai sumber. Catat ya, Bunda!

1. Menggendong bayi menangis bisa bikin mereka manja

Beberapa orang percaya bahwa menggendong bayi menangis pada akhirnya bisa membuat mereka manja. Bunda harus bisa bedakan cara memanjakan anak yang sudah dewasa atau bayi baru lahir ya.

Bayi baru lahir digendong bukan sekedar untuk menghentikannya menangis, tapi untuk menunjukkan kasih sayang kita padanya. Menggendong bayi bisa membuatnya tenang dan membangun ikatan dengan sang ibu.

2. Bayi baru lahir hanya boleh dimandikan pada pagi hari

Percaya enggak, Bunda? Bayi baru lahir katanya hanya boleh dimandikan pada pagi hari agar tidak sakit lho.

Sebenarnya, waktu mandi bayi baru lahir itu tidak membuat perbedaan pada kondisi kesehatannya. Paling penting, orang tua tahu untuk memandikan bayi mereka tanpa terburu-buru.

3. Ibu menyusui bayi baru lahir harus konsumsi makanan hambar

Beberapa ibu mungkin diminta untuk menghindari makanan tertentu yang bisa menyebabkan alergi. Faktanya, ibu sebenarnya dapat mengonsumsi makanan apapun selama menyusui.

Proses menyusui bisa membantu bayi mengembangkan rasa terhadap makanan melalui ASI lho. Meski begitu, ibu menyusui sebaiknya tidak mengonsumsi minuman alkohol, berkafein, serta menghindari makanan pedas ya.

Mitos perawatan bayi lainnya bisa Bunda baca di halaman selanjutnya ya.

Simak juga tips mencari kado untuk bayi baru lahir, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Nia RamadhaniBanner Nia Ramadhani/ Foto: HaiBunda/Mia Kurnia Sari
TIDAK BOLEH POTONG KUKU BAYI BARU LAHIR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi