sign up SIGN UP search


menyusui

Mitos atau Fakta? 9 Manfat Tak Terduga ASI, Atasi Ruam hingga Eksim

Erni Meilina Selasa, 01 Dec 2020 13:33 WIB
Mother breastfeeding a new born baby boy in a hospital room caption

Jakarta - ASI adalah makanan bayi yang paling sempurna. ASI mengandung antibodi yang dapat meningkatkan kekebalan dan membentuk enzim yang sehat untuk bayi. ASI juga dapat memiliki manfaat lain, lho seperti membantu membersihkan jerawat bayi dan eksim hingga meredakan sakit tenggorokan.

Menurut ahli nutrisi bayi Ruth A. Lawrence, MD, seorang profesor pediatri dan OB-GYN di Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi Universitas Rochester di Rochester, NY, dan penulis Breastfeeding: A Guide for the Medical Profession (Elsevier-Mosby), ASI juga dapat mengurangi risiko terkena virus seperti infeksi saluran kemih, penyakit radang usus, gastroenteritis, infeksi telinga, dan infeksi saluran pernapasan.

"Kejadian pneumonia, pilek, dan virus berkurang di antara bayi yang disusui," kata. Selain itu, bayi yang diberi susu formula tiga kali lebih mungkin menderita infeksi telinga dibandingkan bayi yang disusui, dan hingga lima kali lebih mungkin menderita pneumonia dan infeksi saluran pernapasan bagian bawah,” ujarnya, dilansir Parents.


Namun, di antara manfaat ASI masih banyak hal-hal tak terduga lainnya yang bahkan jarang Bunda sadari lho. Namun, hal ini juga masih menuai perdebatan di kalangan para ibu dan pakar kesehatan mengenai kebenarannya. Jika Bunda ingin mencoba pengobatan menggunakan ASI untuk si kecil sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu ya.

Ingin mengetahui tipsnya lebih lanjut simak ulasannya di bawah ini dikutip dari Madela. 

Deretan manfaat ASI yang jarang diketahui:

1. Infeksi telinga

Beberapa Ibu telah melaporkan bahwa hanya dengan memberikan setetes ASI ke telinga bayi setiap beberapa jam dapat membantu meringankan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh infeksi telinga. Ternyata dengan Bunda menyusui dan karena gerakan mengisap ASI oleh si kecil juga dapat membantu si kecil mengatasi infeksi telinga dengan lebih mudah.

2. Saluran air mata tersumbat

Bayi biasanya memiliki mata berkerak dan berkaca-kaca dalam beberapa bulan pertama, biasanya disebabkan oleh saluran air mata yang tersumbat. Meneteskan beberapa tetes ASI ke bagian mata yang teriritasi dapat membantu mengatasi kondisi ini, lho Bunda. Namun, banyak yang menyatakan bahwa ini hanyalah mitos belaka. Oleh karena itu, sangat penting berkonsultasi dengan dokter sebelum mencobanya.

3. Jerawat bayi

Jerawat pada bayi baru lahir dapat muncul tepat setelah lahir atau masa perkembangan si kecil setelah beberapa minggu. Biasanya, jerawat ini akan hilang dengan sendirinya seiring waktu, tetapi ASI dapat membantu meredakannya dan membantu kulit si kecil yang sensitif. Caranya dengan merendam kapas ke dalam ASI dan tepuk lembut di tempat yang ada jerawat pada si kecil. Bahan alami dalam susu dapat membantu membersihkan kulit.

Simak manfaat tak terduga ASI lainnya di halaman selanjutnya. Klik NEXT untuk buka artikel lengkapnya!

Simak juga tips memperlancar produksi ASI dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Shaheer Sheikh dan Ruchikaa Kapoor
Manfaat ASI untuk si Kecil dan Bunda
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi