sign up SIGN UP search


menyusui

3 Cara Mengatasi Milk Blister, Yuk Susui Bayi Lebih Sering Bun

Meita Fajriana Jumat, 18 Jun 2021 15:26 WIB
Tired desperate mother and baby crying caption

Jakarta - Menyusui merupakan perjuangan para Bunda setelah melahirkan. Tidak jarang selama menyusui Bunda dihadapkan dengan berbagai tantangan. Salah satunya yaitu masalah pada payudara, milk blister. Apa itu milk blister dan bagaimana cara mengatasinya? Simak terus penjelasannya ya Bunda. 

Melansir dari laman KellyMom, milk blister adalah kondisi pori-pori puting yang tersumbat sehingga menyebabkan puting lecet atau ASI keluar tidak maksimal. Hal ini terjadi ketika tumbuhnya sedikit kulit di pembukaan saluran susu di puting sehingga menghambat keluarnya ASI. 

Milk blister biasanya muncul berupa bintik putih, bening, atau kuning yang menyakitkan pada puting dan aerola. Rasa sakit yang Bunda rasakan lebih terasa di bagian bintik-bintiknya hingga ke dalam. Bunda bisa mengompres payudara sehingga membuat ASI keluar dari bintik-bintik milk blister, sehingga rasanya begitu sakit Bunda. 


Kondisi milk blister ini bisa berlangsung lama dan membuat proses menyusui terasa menyakitkan. Milk blister dapat bertahan selama beberapa hari atau minggu, hingga sembuh secara spontan ketika kulit yang terkena milk blister terkelupas. 

"Milk blister mempengaruhi banyak perempuan yang sedang menyusui. Beberapa perawatan dapat meredakan gejala dan mencegah terbentuknya kembali. Jika kondisi tidak sembuh dengan pengobatan rumahan, hubungi konsultan laktasi atau dokter segera," kata Holly Ernst dokter kandungan di Amerika dikutip dari laman Medical News Today.

Rumah Mewah Bocah Madura di ArabRumah Mewah Bocah Madura di Arab/ Foto: Mia Kurnia Sari

Jika saat ini Bunda sedang mengalami milk blister, jangan khawatir ya. Beberapa hal ini bisa Bunda lakukan untuk mengatasi atau mengurangi rasa sakitnya. Berikut penjelasannya:

1. Larutan garam

Untuk menghilangkan sumbatan, rendam puting dalam larutan garam dan air hangat. Campurkan 2 sendok teh garam dalam secangkir air panas dan biarkan agak dingin. Kemudian rendam puting susu tiga atau empat kali sehari sampai saluran tidak tersumbat.

Simak cara pengobatan milk blister lainnya di halaman selanjutnya!

Ketahui juga yuk cara mencegah mastitis agar tidak sakit saat menyusui, seperti dialami Citra Kirana dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA UNTUK MENGATASI MILK BLISTER
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi