sign up SIGN UP search

menyusui

5 Cara Mengatasi Jerawat pada Puting atau Milk Blister, Busui Perlu Tahu

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Minggu, 22 Jan 2023 07:50 WIB
Ilustrasi payudara 5 Cara Mengatasi Jerawat pada Puting atau Milk Blister, Busui Perlu Tahu/Foto: Getty Images/iStockphoto/PORNCHAI SODA
Jakarta -

Cara mengatasi jerawat pada puting atau milk blister ibu menyusui dapat diatasi dengan cara alami lho, Bunda. Yuk, cari tahu apa saja yang bisa dilakukan ya, Bunda.

Sering kali, jerawat pada puting ataupun milk blister ibu menyusui muncul dan membuat ketidaknyamanan selama menyusui. Alhasil, urusan menyusui pun jadi terganggu baik bagi busui dan juga Si Kecil. Ya, berbagai faktor memang bisa menjadi penyebab munculnya jerawat pada puting atau milk blister ibu menyusui.

Kehadiran jerawat sendiri misalnya, biasanya muncul ketika pori-pori di kulit tersumbat dan membuat jerawat berkembang. Sel kulit mati tersangkut di pori-pori, dan adanya kotoran, minyak, dan kuman bisa memperparah jerawat. Selain itu, minyak berlebih dan kuman bisa tersangkut di pori-pori wajah, tapi bisa juga terjadi di bagian tubuh lain termasuk payudara.


Timbunan minyak atau kuman pada kulit payudara bisa disebabkan berbagai macam hal ya, Bunda. Di antaranya genetika, diet, stres, fluktuasi hormon, hingga penggunaan obat-obatan, kebersihan yang buruk, dan lainnya seperti dikutip dari laman Healthwire.

Cara mengatasi jerawat pada puting atau milk blister

Sementara itu, milk blister yang biasa muncul sebagai benjolan putih, bening, atau kuning yang menyakitkan pada puting juga bisa disebabkan berbagai hal. Biasanya, milk blister ibu menyusui terjadi ketika kulit tumbuh di atas lubang saluran susu dan susu kembali ke belakang, menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan. 

Baca Juga : Milk Blister

Seringnya, kondisi tersebut disebabkan kelebihan pasokan ASI, atau masalah pelekatan. Seperti diketahui bahwa masalah pelekatan atau kesulitan mengisap juga dapat menyebabkan milk blister yang merupakan lepuh darah merah atau cokelat. 

"Milk blister yang tidak memungkinkan susu mengalir keluar dengan baik dapat menyebabkan saluran tersumbat dan bahkan mastitis. Jadi, sebaiknya proaktif dan tangani segera," ujar Pam Davey, seorang doula dan konsultan laktasi di Edmonton seperti dikutip dari laman Todaysparent.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 3 penyebab munculnya milk blister:

[Gambas:Video Haibunda]



5 CARA MENGATASI JERAWAT PADA PUTING ATAU MILK BLISTER IBU MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!