sign up SIGN UP search


menyusui

5 Solusi Menyusui untuk Si Puting Datar, Bunda Perlu Tahu

Dwi Indah Nurcahyani Sabtu, 19 Jun 2021 12:51 WIB
Young mother, breastfeeding on sunset on quiet evening her little baby boy in sunny living room caption

Jakarta - Bentuk puting ternyata juga menjadi tantangan tersendiri dalam menyusui si kecil, Bunda. Apalagi kalau Bunda yang memiliki puting datar. Hmm, rasanya mau menyerah saat menyusui karena butuh perjuangan yang tak mudah.

Sebagian besar Bunda memiliki puting yang menonjol dan menjadi lebih tegak ketika dirangsang oleh sentuhan atau sensasi. Tetapi, tak sedikit Bunda yang memiliki puting datar sehingga saat menjalani fase menyusui mereka merasa kesulitan.

"Sebaiknya Bunda jangan panik jika memiliki puting datang. Karena, seringkali sangat mungkin sekali untuk menyusui,"kata Sioned Hilton, seorang konsultan laktasi, seperti dikutip dari laman Medela.


Hilton mengingatkan bahwa bayi sesungguhnya menempel pada payudara, bukan hanya di putingnya saat menyusu secara efektif. Memang, pada awal-awal menyusui, Bunda akan menemui kesulitan karena ketika mulut bayi masih kecil dan isapannya kurang efisien, puting datar dapat membuat bayi lebih sulit menyusu terutama jika bayi Bunda prematur.

Untuk itu, Hilton menyarankan Bunda yang memiliki puting datar untuk menjepit puting di antara ibu jari dan jari telunjuk untuk mendorong puting menonjol. Kemudian, Bunda juga bisa menekan payudara tepat di belakang areola dengan jari-jari dalam bentuk V atau C untuk mendorong puting keluar.

Rumah Mewah Bocah Madura di ArabRumah Mewah Bocah Madura di Arab/ Foto: Mia Kurnia Sari

Melansir dari Healthline, berikut ini beberapa solusi menyusui dengan puting datar yang dapat membantu ya, Bunda:

1. Gunakan pompa ASI

Bunda dapat menggunakan pompa ASI untuk membantu menarik keluar puting datar jika metode untuk merangsang puting lainnya tidak berhasil. 

2. Pakai perangkap isap

Ada perangkat isap lain yang dapat digunakan membantu menarik keluar puting. Produk-produk ini biasanya dijual dengan nama berbeda termasuk ekstraktor puting atau retraktor puting. Alat ini dapat dikenakan di bawah pakaian dan dapat menarik puting secara efektif.

Bahasan lebih lengkap klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga yuk apa sih puting terbalik itu. Klik video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



SOLUSI MENYUSUI UNTUK SI PUTING DATAR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi