sign up SIGN UP search


menyusui

5 Tips Menyiasati Puting Datar agar Menyusui Nyaman dan Lancar, Tak Perlu Panik Bun

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Selasa, 26 Apr 2022 13:54 WIB
Young mother, holding her sick toddler boy, breastfeeding him at home, sunny living room caption

Jakarta - Ada saja tantangan yang seorang Bunda bisa hadapi selama proses menyusui. Salah satu kondisi Bunda yang membuat menyusui terasa sulit yakni bila memiliki puting datar.

Bila ternyata puting Bunda datar, tak perlu panik. Simak beberapa penjelasan dan tips di bawah ini agar proses menyusui berjalan lancar ya.

Setiap wanita memang memiliki karakteristik puting yang berbeda satu sama lain ya, Bunda. Ada yang memudahkan saat menyusui tetapi ada juga yang begitu menantang ketika menyusui bayi.


Normalnya, memang ukuran serta bentuk puting bervariasi. Beberapa di antaranya memiliki puting yang menonjol di areola dan sebagian lainnya ada juga yang memiliki puting datar yang tak menonjol di areola.

Bagi Bunda yang memiliki kondisi tersebut, tak perlu khawatir. Meskipun puting tidak menonjol atau datar, Bunda tetap bisa kok menyusui Si Kecil dengan aman dan lancar.

Banner 9 Tanda Kepala Janin di Bawah

Puting datar sedianya memang tak menonjol layaknya puting pada umumnya ya, Bunda. Puting jenis ini tampak tenggelam dan rata dengan areola serta kulit di sekitar payudara, seperti dikutip dari laman Very Well Family.

Banyak wanita memiliki puting datar tetapi kemudian menjadi ereksi ketika terkena suhu dingin atau rangsangan seksual. Ini bukanlah puting yang benar-benar datar. Karena, puting datar sebenarnya tidak merespons dingin ataupun rangsangan. Bahkan, pemilik puting datar pun akan tetap datar sepanjang waktu. Hanya saja, mungkin puting akan sering menojol selama kehamilan.

Bagi pemilik puting datang, tak perlu khawatir saat menyusui bayi. Sedianya, puting dapat disiasati dengan berbagai cara agar proses menyusui tak terganggu ya, Bunda.

Young adult Caucasian woman is sitting on sofa at home in living room. She is breastfeeding her six month old baby daughter. Mother is smiling lovingly at baby while nursing her.Menyusui dengan puting datar / Foto: iStock

"Jangan panik jika Bunda memiliki puting datar atau terbalik karena masih sangat mungkin untuk tetap menyusui dengan lancar," ujar Sioned Hilton, seorang konsultan laktasi, seperti dikutip dari laman Medela.

Pada hari-hari awal, ketika mulut bayi masih kecil dan isapannya kurang efisien, puting susu yang datar dapat membuatnya lebih sulit untuk mulai menyusu terutama jika bayi prematur atau tidak sehat.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga yuk video tentang jenis puting yang tak normal untuk menyusui:

[Gambas:Video Haibunda]



JANGAN MENYERAH DULU, BUN! SIMAK TIPS MENYUSUI UNTUK SI PUTING DATAR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!