sign up SIGN UP search


menyusui

Kebutuhan Menyusu Bayi di Malam Hari Berdasarkan Usia, Pahami Sebelum Rewel

Amira Salsabila   |   Haibunda Kamis, 28 Apr 2022 14:30 WIB
Ibu menyusui caption

Jakarta - Saat mengetahui bahwa Bunda akan menjadi orang tua, Bunda perlu mempersiapkan diri untuk merelakan waktu tidur di malam hari demi kebutuhan Si Kecil. Bangun di malam hari untuk merawat atau menyusui Si Kecil akan menjadi kebiasaan baru setelah melahirkan.

Perut bayi yang baru lahir itu sangat kecil, dan para ahli merekomendasikan agar bayi yang baru lahir diberi makan minimal 8 hingga 12 kali per 24 jam. Jadi, tidak mungkin memenuhi kebutuhan kalori Si Kecil tanpa menyusui di malam hari nih, Bunda.

Tahukah Bunda bahwa menyusui di malam hari juga memberikan manfaat? Hal ini dikarenakan ASI adalah cara paling alami untuk memberi makan Si Kecil, dan memberikan banyak manfaat kesehatan bagi Bunda dan Si Kecil.


Lalu, bagaimana dengan kebutuhan menyusui Si Kecil di malam hari? Setiap bayi memiliki kebutuhan menyusu yang berbeda-beda sesuai dengan usia mereka. Untuk membantu Bunda mencari tahu kebutuhan menyusui Si Kecil di malam hari sesuai dengan usianya, yuk, simak penjelasannya berikut ini, ya Bunda.

Pentingnya menyusui di malam hari

Melansir dari laman Mom Loves Best, walaupun menyusui di malam hari bisa membuat Bunda kurang tidur dan mungkin merasa frustrasi, itu memberikan manfaat kesehatan untuk Bunda dan Si Kecil.

Menyusui di malam hari adalah bagian penting dalam membangun dan mempertahankan pasokan susu yang baik dan memastikan bahwa bayi yang baru lahir mendapatkan semua susu yang mereka butuhkan untuk tumbuh dan berkembang.

Semakin banyak ASI yang dikeluarkan, semakin banyak ASI yang dihasilkan dari payudara Bunda. Pada malam hari, kadar prolaktin Bunda atau hormon yang dirancang untuk mendukung produksi susu berada di level tertinggi.

Oleh karena itu, ketika Bunda sering menyusui Si Kecil di malam hari, pesan ke tubuh Bunda untuk meningkatkan suplai ASI semakin kuat. ASI di malam hari juga tinggi asam amino triptofan, yang dapat membantu bayi membuat melatonin, yang digunakan oleh tubuh untuk mengembangkan ritme srikadiannya dan tidur lebih nyenyak.

Banner cara menyimpan daun bawang

Berapa banyak makanan yang dibutuhkan bayi di malam hari?

Setiap bayi memiliki kebutuhan makan yang berbeda-beda sesuai dengan usianya, lho Bunda. Dirangkum dari laman Baby Sleep Science, berikut adalah jumlah kebutuhan menyusui Si Kecil di malam hari sesuai dengan usianya:

1. Usia 0 sampai 3 bulan

Susui Si Kecil setiap 2 sampai 3 jam sesuai dengan permintaan anak, Bunda bisa memberikan Si Kecil makan setiap kali mereka lapar.

2. Usia 3 sampai 4 bulan

Bunda perlu menyusui Si Kecil sebanyak 2 sampai 3 kali per malam atau setiap 3 sampai 6 jam, sesuai dengan permintaan.

3. Usia 4 sampai 6 bulan

Bunda bisa menyusui Si Kecil sebanyak 1 sampai 2 kali.

4. Usia 6 sampai 9 bulan

Bunda cukup menyusui Si Kecil satu kali saja.

5. Usia 9 bulan lebih

Biasanya pilihan orang tua, satu kali menyusui di pagi hari bisa membantu untuk memperpanjang masa menyusui.

Lalu, bagaimana tips menyusui Si Kecil di malam hari bila Bunda mendapat kesulitan? Simak di halaman selanjutnya, ya Bunda.

Bunda, simak yuk dampak tidak menyusui bayi di malam hari seperti dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



TIPS MENYUSUI DI MALAM HARI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!