sign up SIGN UP search


menyusui

6 Tips Menyusui Sambil Tidur agar Mendapat Pelekatan yang Baik

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 08 Jun 2021 13:01 WIB
Mother breastfeeding her newborn baby girl. Baby happy while drinking milk from mother's breast. Vintage color tone. caption

Jakarta - Durasi menyusui bayi baru lahir memang sangat rapat dan cepat. Tak jarang, Bunda pun jadi lelah luar biasa karena waktu harus menyusui 8-12 kali dalam sehari.

Hal ini memang sangatlah wajar ya, Bunda. Apalagi, Bunda yang menyusui secara eksklusif akan menghabiskan sebagian besar waktunya dengan bayi di awal kelahirannya. Kelelahan menjadi hal yang wajar dirasakan para pejuang menyusui. Bahkan, saking lelahnya seringkali para Bunda menyusui sambil tidur.

Menurut Dallas Parsons, seorang konsultan laktasi bersertifikat internasional yang berbasis di South Surrey, BC, posisi berbaring memang dapat membuat para Bunda lebih santai.


"Dengan menyusui sambil berbaring atau tiduran, dapat membantu para Bunda yang kurang tidur mendapatkan lebih banyak istirahat dengan berbaring ketika menyusui. Akan benar-benar santai," ujarnya, seperti dikutip dari laman Todays Parent.

Selain membantu Bunda mendapatkan lebih banyak waktu istirahat, menyusui dengan berbaring juga berguna jika perineum Bunda rusak selama kelahiran bayi. Karena, posisi duduk akan sangat menyakitkan. 

Tidak hanya itu, menyusui dengan posisi berbaring terutama dalam posisi miring akan membantu bayi dan Bunda lebih rileks karena ASI mengalir lebih baik. Sehingga, posisi ini pun dapat dimanfaatkan sebaik mungkin ya, Bunda.

Bunda pun dapat mempraktikkannya baik di siang hari dan malam hari, sehingga Bunda memiliki waktu rehat di sela-sela kelelahan menyusui yang cukup padat. Dengan begitu, tidak saja Bunda yang merasakan rileks karena dapat sejenak merebahkan tubuh, tetapi juga Si Kecil yang merasa santai karena posisi ini memang dapat membuat mereka lebih nyaman.

Itu sebabnya, posisi berbaring memang banyak difavoritkan para Bunda yang sedang menyusui. Apalagi, bagi Bunda yang baru saja melahirkan dan sedang proses pemulihan. Tentu saja proses berbaring atau menyusui sambil tiduran membantu pemulihan Bunda dan membantu meminimalisir rasa nyeri di bagian luka usai persalinan.

Informasi lebih lanjut klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak nih, Bunda, posisi dan pelekatan menyusui yang benar menurut ahli. klik videonya ya:

[Gambas:Video Haibunda]



TIPS MENYUSUI SAMBIL BERBARING
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!