sign up SIGN UP search


menyusui

Menyusui Sambil Tiduran, Benarkah Bisa Sebabkan Telinga Bayi Infeksi?

Hilda Irach Selasa, 15 Dec 2020 18:35 WIB
Beautiful mom lying at the back of the baby while the infant is sleeping on the white bed. Asian mother looking at the baby which is her child with love and care. caption

Menyusui menjadi cara alamiah bagi para Bunda untuk memenuhi nutrisi si kecil, terutama selama enam bulan pertamanya. Sejumlah manfaat air susu ibu atau ASI tidak dapat diragukan lagi ya, Bunda. Tidak hanya bermanfaat untuk si kecil, bahkan juga bermanfaat untuk Bunda.

Ada banyak posisi menyusui yang bisa Bunda lakukan ketika menyusui. Mulai dari cross-cradle atau posisi gendong, posisi menyusui dangle, posisi upright atau posisi koala, hingga side lying position atau posisi menyusui sambil tiduran.

Bagi Bunda yang sedang dalam masa-masa menyusui, pasti sudah tidak asing lagi dengan posisi menyusui sambil tiduran ya. Posisi ini diklaim sebagai posisi paling nyaman, karena bisa membuat Bunda beristirahat dan relaks.


Namun, mendengar rumor yang mengatakan bahwa posisi menyusui sambil tiduran berisiko menyebabkan infeksi pada telinga bayi tentu jadi mengkhawatirkan ya, Bunda. Benarkah faktanya demikian?

Seorang konselor laktasi, dr. Rony Tamba,MSi MEd, SpA, CIMI, IBCLC, mengatakan bahwa hal tersebut ternyata tidak benar lho, Bunda. Beberapa penelitian menyatakan menyusui bahkan aman untuk si kecil.

"Justru menyusui menjadi proteksi atau pelindung terhadap infeksi telinga tengah," ujar Rony dikutip dari akun YouTube pribadi miliknya pada Senin (12/14/2020).

Hal ini dikarenakan ASI mengandung zat anti infeksi yang dapat melindungi si bayi dari infeksi. Sehingga tentu saja ASI memiliki risiko alergi yang relatif sangat kecil, jika dibandingkan dengan susu formula.

Penyebab bayi terinfeksi telinga tengahnya bukan disebabkan oleh gaya menyusui yang sambil tiduran, Bunda. Pada umumnya telinga tengah bayi memang memiliki keunikannya tersendiri, yang berbeda dengan telinga tengah orang dewasa.

Saluran eustachian tube pada telinga tengah bayi cenderung lebih kecil. Posisinya yang horizontal  itulah yang membuat telinga tengah bayi cenderung lebih mudah terinfeksi. "Jadi walaupun tidak menyusui pun, karena keunikan dari telinga tengah pada bayi ini bisa meningkatkan risiko infeksi telinga tengah," tuturnya.

Melansir dari Kelly mom, justru infeksi ini berasal dari pemberian susu botol yang salah untuk menyusui lho, Bunda.  Ada bukti kuat bahwa jika bayi diberi botol susu formula sambil berbaring telentang, susu formula dapat masuk ke saluran eustachius sehingga telinga tengah mengalami infeksi.

Duh, gimana ya kalau bayi sampai terinfeksi telinganya? Simak di halaman selanjutnya yuk untuk mengetahui info lengkapnya.

Simak juga yuk 5 alternatif menyusui bayi dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner dapur rumah minimalisFoto: HaiBunda



(rap/rap)
Penyebab infeksi telinga bayi
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi