sign up SIGN UP search


menyusui

Teh Daun Jati Cina Ternyata Tak Disarankan untuk Diet Ibu Menyusui

Annisa Karnesyia Selasa, 06 Jul 2021 18:31 WIB
Ibu dan anak caption
Jakarta -

Daun jati cina adalah salah satu tanaman herbal yang sering digunakan untuk menurunkan berat badan. Daun yang dikemas dalam bentuk teh ini juga diyakini bisa membantu program diet saat menyusui, Bunda. Lalu amankah ibu menyusui minum teh ini?

Ahli gizi Winda Ekayanti, MND, APD, mengatakan bahwa daun jati cina memang banyak digunakan sebagai tanaman untuk menurunkan berat badan. Namun, tanaman ini tak memberikan manfaat berarti untuk diet Bunda menyusui.

Daun jati cina memiliki sifat laksatif yang bisa bikin perut sakit. Meski dipercaya bisa menurunkan berat badan, tanaman ini ternyata tidak bisa membakar lemak lho, Bunda.


"Tanaman ini memiliki sifat laksatif yang tak boleh dikonsumsi selama masa menyusui," kata Winda kepada HaiBunda, belum lama ini.

Daun jati cina memiliki efek sebagai pencahar. Usai mengonsumsi tanaman ini, perut biasanya akan terasa enteng karena kotoran keluar dari tubuh.

Banner tips isolasi mandiri keluargaBanner tips isolasi mandiri keluarga/ Foto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

"Kesan setelah mengonsumsi daun jati Cina adalah badan terasa lebih enteng, tapi sebenarnya tidak ada pembakaran lemak," ujar Winda.

Pada umumnya, Bunda yang menyusui menjalani program diet untuk membakar lemak yang terbentuk selama kehamilan. Tujuan mengonsumsi daun jati cina adalah untuk mengikis lemak yang menampel di tubuh.

Padahal, daun jati cina sama sekali tidak akan memengaruhi cadangan lemak yang menempel lho. Jadi, jangan salah menganggap daun ini bisa buat kurus ya, Bunda.

"Mengonsumsi daun jati cina tidak akan memengaruhi cadangan lemak yang dibangun selama masa kehamilan. Lemak masih tetap menempel karena efek daun ini hanya mengeluarkan isi perut," ungkapnya.

Tanaman daun jati cina dijual bebas di pasaran. Lalu bagaimana cara kerja obat herbal ini sebagai pencahar untuk mengatasi masalah pencernaan? Baca halaman berikutnya ya.

Simak juga 5 pilihan ASI booster untuk menyusui, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

EFEK DAUN JATI CINA SEBAGAI PENCAHAR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi