sign up SIGN UP search


menyusui

5 Perilaku Bayi Ketika Menyusu, Ada yang Suka Jambak Rambut dan Memukul

Annisa Karnesyia Minggu, 04 Jul 2021 13:47 WIB
Ibu menyusui caption
Jakarta -

Kebiasaan menyusu setiap anak bisa berbeda lho, Bunda. Sama seperti sifat dan kepribadian, bayi juga memiliki gaya menyusu yang berbeda dan terkadang unik.

Pada beberapa bayi, kebiasaan menyusu ini bisa mempermudah proses pemberian makan. Tapi, ada juga yang justru dapat mempersulit proses menyusui.

Penting bagi Bunda mengetahui kebiasaan ini ya. Tujuannya, agar Bunda bisa terbiasa diri dengan gaya menyusu buah hati dan sudah memiliki solusi saat menghadapinya.


Melansir berbagai sumber, berikut telah HaiBunda rangkum 5 perilaku bayi ketika menyusu:

1. Suka memukul

Tak semua bayi suka memukul saat menyusu. Namun, sebagian di antaranya menjadikan ini suatu kebiasaan.

Memukul saat menyusui bisa disebabkan banyak hal ya, Bunda. Sebagian besar hanya karena perilaku mereka sebagai bayi yang haus perhatian.

"Bayi sering memukul karena berbagai alasan. Terkadang hanya untuk mendapatkan perhatian atau melihat reaksi dari ibunya," kata Jay Lovenheim, D.O., F.A.A.P. dari Lovenheim Pediatrics, dikutip dari Romper.

Pukulan yang berulang pada bayi mungkin berhubungan dengan perkembangan otaknya. Bila kita merespons dan menimbulkan reaksi lanjutan, artinya telah terjadi lonjakan pada perkembangan bayi secara kognitif dan sosial.

2. Suka menjambak rambutnya sendiri

Perilaku menyusui ini memang terdengar aneh ya, Bunda. Tapi, ada lho bayi yang menarik atau menjambak rambutnya sendiri saat menyusu.

Perilaku ini termasuk normal pada bayi. Biasanya dilakukan pada bayi yang menyusu dari botol.

Selama perilaku masih dalam batas wajar, menjambak rambut saat menyusu tidak masalah dibiarkan ya. Tapi, bila sampai timbul masalah besar, Bunda sebaiknya konsultasi ke dokter anak untuk mencari penyebabnya.

Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

3. Suka memegang payudara Bunda

Memegang payudara saat menyusu juga termasuk normal pada bayi. Mengutip Kelly Mom, bayi memang selalu memiliki keinginan untuk meraih atau menarik benda yang ada di sekitarnya.

Bagi beberapa Bunda, hal ini mungkin enggak nyaman dan bikin payudara terasa sakit. Selama tidak mengganggu proses menyusui, perilaku ini bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan.

Simak juga 5 pilihan ASI booster untuk Bunda menyusui, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

PERILAKU BAYI MENYUSU: SUKA MENENDANG
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!