sign up SIGN UP search


menyusui

5 Perilaku Bayi Ketika Menyusu, Ada yang Suka Jambak Rambut dan Memukul

Annisa Karnesyia Minggu, 04 Jul 2021 13:47 WIB
PERILAKU BAYI MENYUSU: SUKA MENENDANG
Portrait of a loving mother in sofa breastfeeding baby girl. Newborn child fed with breast milk by mom. caption

4. Suka bergumam

Saat menyusu, bayi biasanya sering mengeluarkan suara-suara seperti bergumam. Perilaku ini biasanya sengaja dilakukan si Kecil untuk menghibur diri saat menyusu.

Bunda enggak perlu khawatir selama pelekatan menyusu benar ya. Meski begitu, kita tetap perlu memastikan bahwa bayi mendapatkan ASI dengan flow yang sesuai. Artinya, bayi tidak mendapatkan ASI dengan cepat ketika bergumam. Kondisi ini perlu mendapatkan perhatian karena bisa menyebabkan masalah di usus.

Bayi bergumam saat menyusu juga bisa bikin Bunda stres. Untuk mengatasinya, cobalah bersandar atau sesekali menarik bayi dari payudara ketika aliran ASI menjadi cepat.


5. Tak bisa diam dan suka menendang

Bayi baru lahir biasanya memiliki perilaku menyusui pasif. Artinya, mereka hanya menyusu dengan posisi yang dibentuk oleh Bunda.

Namun, semakin besar usia bayi, perilaku menyusui bisa berubah menjadi aktif. Bayi suka menendang, menarik tubuhnya, atau bergerak tak bisa diam.

Di usia yang lebih besar, bayi memang cenderung lebih sibuk karena sudah mulai bereksplorasi. Saat menyusu, bayi sebenarnya hanya ingin mendapatkan ASI, tetapi tak ingin diganggu saat melakukan gerakan apa pun.

Perilaku ini dapat menjadi tantangan besar saat menyusui. Alih-alih marah atau kesal, Bunda sebaiknya mulai membiasakan diri dan menghargai momen-momen berharga ini ya.

(ank/som)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!