sign up SIGN UP search


menyusui

Lama Bayi Mengosongkan Payudara Bunda dalam Satu Sesi Menyusui

Annisa Karnesyia Senin, 19 Jul 2021 18:15 WIB
Ibu menyusui Lama Bayi Mengosongkan Payudara Bunda dalam Satu Sesi Menyusui/ Foto: iStock
Jakarta -

Lama waktu menyusui sering dikaitkan dengan kecukupan bayi mendapatkan ASI. Bunda biasanya menilai dengan cara melihat anak berhenti menyusu dan apakah dia sudah mengosongkan payudara.

Pada bayi baru lahir, kita perlu memastikan buah hati mendapatkan ASI dengan cukup. Dikutip dari Very Well Family, bayi baru lahir menyusu setidaknya setiap 2 sampai 3 jam dan selama 10 hingga 15 menit di setiap sisi payudara.

"Rata-rata dibutuhkan waktu 20 hingga 30 menit setiap kali menyusui untuk memastikan apakah bayi sudah mendapatkan cukup ASI," kata dokter obgyn dan pakar medis, Meredith Shur, MD.


Memasuki usia 3 sampai 4 bulan, waktu menyusu bayi akan menjadi lebih pendek. Selain itu, waktu antara menyusui juga menjadi sedikit lebih lama, Bunda. Di usia ini, tonggak perkembangan bayi mulai meningkat. Bayi dapat mengosongkan payudara Bunda lebih cepat untuk mendapatkan ASI yang dibutuhkan. "Bayi mungkin hanya membutuhkan waktu sekitar 5 hingga 10 menit untuk mengosongkan payudara dan mendapatkan semua ASI yang mereka butuhkan," ujar Shur.

Nah, ketika usia 6 bulan dan sudah mulai konsumsi makanan pendamping ASI (MPASI), bayi dapat menyusu dengan cepat tanpa mengosongkannya. Mereka biasanya melakukan ini karena ingin bermain setelah menyusu.  Kemudian, mereka mungkin akan menghabiskan waktu lebih banyak untuk menyusu ketika malam hari. Waktu ini menjadi ideal karena bertepatan dengan jam tidurnya.

Bunda perlu pahami ya, kebiasaan menyusu tiap anak bisa berbeda lho. Menurut dokter anak Tanya Remer Altmann, ada bayi yang suka menyusu dalam waktu singkat, tapi ada pula yang lama. Selama bayi tumbuh dengan baik, tidak apa-apa bila dia hanya ingin menyusui dalam waktu singkat. Beberapa di antaranya juga mungkin akan kembali menyusu setelah bermain atau istirahat.

"Beberapa bayi suka ngemil, jadi mereka menyusu selama satu atau dua menit, istirahat, lalu menyusu lagi," kata Altman, dilansir Baby Center.

Lalu apakah kita tidak boleh membiarkan bayi berhenti menyusu sebelum mengosongkan payudara? Baca halaman berikutnya ya.

Simak juga 5 pilihan ASI booster untuk menyusui, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

JANGAN PAKSA BAYI BERHENTI MENYUSU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi