sign up SIGN UP search


menyusui

Beda Mastitis dan Abses Payudara pada Busui, Mana yang Lebih Parah?

Annisa Karnesyia Senin, 12 Jul 2021 18:55 WIB
Mother breastfeeding a new born baby boy in a hospital room caption
Jakarta -

Banyak Bunda menyusui mengeluhkan beberapa masalah di sekitar area payudara. Beberapa di antaranya adalah mastitis dan abses payudara.

Kedua kondisi ini biasanya memiliki gejala yang sangat mirip, sehingga membuat para Bunda tidak menyadari apakah sedang mastitis atau malah sudah menjadi abses payudara. Gejala khasnya adalah demam dan payudara terasa sakit.

Mastitis berbeda dengan abses payudara. Namun, keduanya saling terkait karena bisa disebabkan oleh infeksi bakteri. Lalu apa beda mastitis dan abses Payudara? Berikut penjelasan lengkapnya, Bunda.


Mastitis pada Bunda menyusui

Mastitis terjadi ketika bakteri masuk ke payudara atau karena saluran Air Susu Ibu (ASI) tersumbat. Gejalanya bisa berupa nyeri payudara, bengkak, gejala mirip flu seperti demam hingga menggigil.

"Saluran ASI tersumbat dapat menyebabkan mastitis. Akibatnya, puting pecah-pecah dan meningkatkan risiko infeksi payudara," kata psikolog dan perawat, Debra Rose Wilson, Ph.D., dilansir Healthline.

Kondisi mastitis ini umumnya bisa ditangani dengan pemberian obat antibiotik untuk mengatasi infeksi bakteri. Pada kasus yang ringan, Bunda mungkin tidak akan diresepkan antibiotik oleh dokter.

Gejala mastitis bisa berkembang secara tiba-tiba lho, Bunda. Nah, manifestasi dari mastitis inilah yang dapat menjadi abses payudara.

Menurut publikasi yang diterbitkan dalam Indian Journal of Surgery tahun 2012, abses payudara relatif umum dialami wanita menyusui sebagai komplikasi dari mastitis. Jika Bunda tidak mendapatkan pengobatan yang tepat saat mengalami mastitis, maka abses payudara kemungkinan bisa terjadi dan memperparah kondisi.

Lalu apa itu abses payudara dan apa saja gejalanya? Bagaimana pula penanganan yang tepat bila Bunda mengalami kondisi ini ya? Baca halaman berikutnya yuk.

Simak juga 3 penyebab produksi ASI berkurang, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

KONDISI BUNDA SAAT MENGALAMI ABSES PAYUDARA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi