sign up SIGN UP search


menyusui

Benarkah Krim Nystatin Bisa Atasi Infeksi Jamur pada Payudara Ibu Menyusui?

Annisa Karnesyia Sabtu, 03 Jul 2021 13:36 WIB
Ibu menyusui caption
Jakarta -

Thrush atau infeksi jamur pada payudara adalah masalah menyusui yang kerap dialami para Bunda. Kondisi ini perlu diobati agar proses menyusui tetap berjalan baik ya.

Menurut dokter obgyn Meredith Shur, MD, thrush adalah infeksi dari jamur yang tumbuh dan menyebar di lingkungan hangat dan lembab. Infeksi ini disebabkan oleh pertumbuhan jamur Candida albicans.

"Jika ibu baru saja didiagnosis thrush, maka dia mungkin akan gugup saat menyusui. Itu semua normal karena ibu takut akan menyebarkan infeksi ini pada bayinya," kata Shur, dilansir Very Well Family.


Bunda sebenarnya masih bisa menyusui dengan aman saat terkena infeksi jamur. Namun, bayi mungkin menjadi rewel ketika infeksi jamur ini berasal dari mulutnya.

Banner Vitamin Agar Terhindar dari Covid-19Banner Vitamin Agar Terhindar dari Covid-19/ Foto: haibunda.com/Mia Kurnia Sari

Saat terkena infeksi jamur, puting dan payudara juga akan terasa sangat sakit. Jika Bunda masih bisa menahan sakit, maka bisa tetap menyusui ya.

"Tetapi bila terasa sakit, Anda bisa beristirahat dan mulai memompa ASI untuk menjaga suplai ASI sampai tubuh merasa sehat kembali untuk lanjut menyusui," ujar Shur.

Salah satu pengobatan yang sering digunakan untuk mengatasi infeksi jamur adalah obat oles. Krim mengandung nystatin umumnya diresepkan dokter untuk mengatasi thrush, Bunda.

Krim nystatin adalah obat anti-jamur yang dioleskan secara langsung ke area yang infeksi atau payudara dan puting. Nystatin dalam bentuk oral atau cair juga bisa diberikan untuk mengobati infeksi jamur di mulut bayi.

"Obat anti-jamur akan digunakan untuk mengobati infeksi jamur ke ibu atau bayinya. Obat yang diberikan ke ibu berbeda dengan yang digunakan anaknya," ujar Shur.

Penggunaan krim nystatin perlu dikonsultasikan ke dokter ya, Bunda. Lalu apakah krim ini aman digunakan selama menyusui dan ampuh mengatasi infeksi jamur?

Baca halaman berikutnya.

Simak juga 5 pilihan ASI booster untuk Bunda menyusui, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

KEAMANAN OBAT NYSTATIN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi