sign up SIGN UP search


menyusui

Beda Mastitis dan Abses Payudara pada Busui, Mana yang Lebih Parah?

Annisa Karnesyia Senin, 12 Jul 2021 18:55 WIB
KONDISI BUNDA SAAT MENGALAMI ABSES PAYUDARA
Ibu menyusui caption

Abses payudara pada Bunda menyusui

Abses payudara dapat terjadi bila mastitis yang dialami Bunda tidak ditangani dengan cepat. Sama seperti mastitis, Bunda akan mengalami gejala mirip flu, seperti demam, nyeri, dan kelelahan, ketika mengalami kondisi ini.

Abses payudara merupakan benjolan dengan kumpulan nanah yang terbentuk di bawah kulit payudara dan disebabkan oleh infeksi bakteri. Abses payudara biasanya terjadi karena infeksi dari bakteri Staphylococcus aureus dan Streptokokus, Bunda.

Peradangan jaringan di payudara karena mastitis dapat berkembang menjadi pembentukan nanah. Akibatnya, Bunda akan mengalami rasa nyeri yang lebih sakit saat terkena abses payudara.


"Mastitis adalah infeksi di jaringan payudara, tetapi abses adalah kumpulan nanah yang tertutup dinding di payudara," kata Amelia Henning, perawat bersertifikat dan spesialis laktasi di Rumah Sakit Umum Massachusetts, dikutip dari Parents.

Berbeda dari mastitis yang bisa sembuh dengan minum obat, abses payudara membutuhkan perawatan medis. Dokter mungkin perlu mengeluarkan nanah dengan melakukan penyayatan kecil atau suntikan untuk menyedot dan mengeringkannya.

Jika sedang menjalani perawatan ini, maka Bunda tetap disarankan untuk menyusui ya. Menyusui justru bisa mempercepat proses penyembuhan abses payudara lho.

(ank)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!