sign up SIGN UP search


menyusui

4 Cara Jitu agar Tubuh Sehat selama Menyusui, Salah Satunya Jaga Emosi Bun

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 15 Aug 2021 08:35 WIB
Ibu menyusui caption
Jakarta -

Jakarta - Menyusui adalah sebuah aktivitas yang tidak mudah dijalani seorang ibu. Tapi karena manfaatnya sangatlah besar untuk sang buah hati, para ibu pun rela berusaha keras agar mampu terus memberikan ASI.

Untuk mampu memberikan ASI yang berkualitas dan cukup, Bunda tentu perlu tubuh yang sehat dan berstamina. Untuk itu, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan Bunda yang tengah menyusui.

1. Menjaga Pola Makan

Pola makan sangatlah penting ketika menyusui. "Ibaratnya Anda harus mengisi bahan bakar untuk tubuh sendiri sebelum memberikannya kepada bayi," kata Jane Moffet, konselor dari National Childbirth Trust (NCT).


"Cobalah pola makan seimbang dan bervariasi agar tidak cepat bosan. Jika Anda vegetarian, coba cari makanan yang kaya akan kalsium," tambahnya. Gandum, protein, dan sayuran mampu mengatur kadar gula darah dan mengurangi hasrat Bunda untuk mengemil makanan bergula. Namun ingat, karena menyusui akan membakar 300 kalori per hari, ada baiknya tetap melahap makanan mengandung karbohidrat.

Dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan dan membuat pilihan makanan dan camilan bergizi, tentu saja menjadi cara menjaga kesehatan selama menyusui dan Bunda tetap sehat serta kuat dalam memproduksi ASI.

Guna membantu nafsu makan tetap baik, Bunda pun dapat memasukkan deretan menu makanan yang Bunda sukai. Sementara untuk makanan yang kurang sehat, sah-sah saja untuk mengonsumsinya selama menyusui selama tidak berlebihan dan disertai dengan diet seimbang ya, Bunda.

2. Jaga emosi dan kesehatan mental

Menyusui, seperti semua tahap awal menjadi orang tua, mungkin tidak seperti yang Bunda bayangkan sebelumnya. Bunda mungkin akan merasa lelah, frustrasi, bingung, bahkan mungkin putus asa.

Menurut penelitian NCT pada 2017, setengah dari para ibu yang menyusui mengalami masalah kesehatan mental, baik sejak kehamilan maupun tahun pertama melahirkan. Jika memang Bunda merasa resah atau stres saat menyusui, cobalah meluapkan perasaan ke orang terdekat atau datangi klinik laktasi untuk menemui konsultan.

Untuk mengetahui cara lainnya agar tubuh Bunda tetap sehat saat menyusui, klik halaman selanjutnya ya.

Simak juga video tentang 5 kelompok makanan yang pas dikonsumsi ibu menyusui di bawah ini ya:

[Gambas:Video Haibunda]



MENJAGA KESEHATAN BUNDA SELAMA MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!